Rpp Bahasa Indonesia Sma-Ma Kurikulum 2013

Download Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas RPP Bahasa Indonesia SMA-MA Kurikulum 2013

Berjumpa kembali dengan goresan pena kami kali ini yang berjudul RPP Bahasa Indonesia SMA-MA Kurikulum 2013. Materi RPP Bahasa Indonesia ini telah kami persiapkan dengan baik dan agar materi kami semakin memudahkan Anda dalam penyusunan RPP.

Bagi Anda yang mungkin mempunyai kolega maupun tewan sejawat sesama guru baik jenjang SD hingga Sekolah Menengan Atas yang kebetulan sedang mencari materi terkait manajemen guru secara lengkap dan terbaru, bisa melihat materi perangkat pembelajaran di sini.

Baiklah, segera saja kami share link download RPP Bahasa Indonesia ini untuk Anda. Anda secara gampang dan sederhana bisa eksklusif mendownload filenya di bawah ini:



:

Di bawah ini kami nukilkan sebagian isi dari file RPP yang telah Anda unduh tersebut:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP

A. Identitas

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : XII/ 1 (Ganjil)

Materi Pokok : Surat Lamaran Pekerjaan

Alokasi Waktu : 4 X 45 menit (2X Pertemuan)

B. Kompetensi Inti




1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya

2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdararkan rasa ingin tahu ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar dan menyajikan dalam meranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

C. Kompetensi Dasar

1.1. Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan ihwal struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif insan yang kebenarannya bersifat tentatif.

2.1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2. Menunjukkan sikap kerjasama, santun, toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta irit dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3. Menunjukkan sikap responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan dilema dan menciptakan keputusan.

3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang di baca.

4.1. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual.

D. Indikator

1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME

2. Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME yaitu yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.

3. Rasa Ingin tahu

4. Mengidentiifkasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan

5. Menentukan komponen-komponen surat lamaran pekerjaan

6. Menyusun surat lamaran pekerjaan

7. Menulis surat lamaran pekerjaan

8. Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EyD

E. Tujuan Pembelajaran

1. Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.

2. Menumbuhkan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat insan melalui aktivitas mengamati tayangan video atau animasi dan aktivitas latihan kelompok/individu yang imajinatif.

3. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat melalui aktivitas diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.

4. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan.

5. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup memilih komponen-komponen surat lamaran pekerjaan

6. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menyusun surat lamaran pekerjaan

7. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menulis surat lamaran pekerjaan

8. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup memperbaiki surat dari segi stuktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EyD

F. Materi

1. Surat lamaran pekerjaan

a. Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan

- tanggal surat

- lampiran dan perihal

- alamat yang dituju

- salam pembuka

- pendahuluan

- isi

- penutup

- salam penutup

- tanda tangan dan nama terang

b. Struktur surat lamaran pekerjaan

c. Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan

d. Penggunaan EyD dalam penulisan surat lamaran pekerjaan

2. Contoh Surat lamaran Pekerjaan (terlampir)

Lampiran : Dua Berkas Batam, 22 Agustus 2016

perihal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Direktur Personalia

PT Senturi Ultra Dinamis

Ruko Green Land L/8

Batam center

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang di muat pada harian Batam Pos, tanggal 20 Agustus 2016, mengenai

manajemen yang Bapak butuhkan, dengan ini saya :

nama : Kirana Anjani, S.E.

tempat, tanggal lahir : Batam, 8 Agustus 1988

alamat : Jalan Sudirman F/79 Batam

pendidikan : Sarjana Ekonomi

Mengajukan lamaran kerja kepada Bapak untuk mengisi lowongan tersebut.

Sebagai materi pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Fotokopi Ijazah Terakhir

3. Fotokopi Ijazah Komputer

4. Pasfoto ukuran 4 X 6

Demikian surat permohonan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Kirana Anjani, S.E.

G. Strategi Pembelajaran

Model : SOCT (Structure Oriented Chemistry Teaching)

Pendekatan : Cooperatif learning

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

H. Media dan Sumber Belajar

1. Media : Papan tulis, laptop, dan proyektor

2. Sumber Belajar :

a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XII.Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.

b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XII.Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.

c. Hatikah, Tika dan Mulyanis.2007.Basis Bahasa Indonesia.Buku Aktivitas Siswa.Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengan Atas kelas XII Semester 1.Jakarta:Erlangga.

I. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a. Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif;

b. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai dogma masing-masing;

c. Guru menyelidiki kehadiran siswa;

d. Guru melaksanakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan ihwal menulis surat dalam kehidupan sehari-hari yang bekerjasama dengan surat lamaran pekerjaan

e. Guru memberikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan aktivitas pembelajaran hari ini;

f. Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.

2. Kegiatan Inti (105 menit)

a. Siswa dalam kelompok diminta membaca teladan surat lamaran pekerjaan.

Kemudian, Siswa dalam kelompok membaca surat lamaran pekerjaan.

b. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan surat lamaran pekerjaan,

Apa yang dipelajari dalam surat lamaran pekerjaan? Apa keuntungannya berguru surat lamaran pekerjaan ?.

c. Siswa dalam kelompok mencermati uraian yang bekerjasama dengan surat lamaran pekerjaan

d. Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih ada kesulitan.

e. Siswa menyimpulkan ihwal menyusun surat lamaran pekerjaan

f. Perwakilan masing-masing kelompok memberikan hasil (presentasi) diskusinya dan kesimpulannya dengan tata bahasa yang benar.

g. Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.

h. Guru menunjukkan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru menunjukkan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)

a. Bersama siswa menyimpulkan unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan, komponen-komponen, menyusun surat, menulis surat , dan memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EyD

b. Melaksanakan penilaian pembelajaran

c. Memberikan kiprah menciptakan surat undangan sesuai dengan menulis surat resmi

d. Menginformasikan rencana aktivitas pembelajaran yang akan datang.

J. Penilaian Hasil Pembelajaran

1. Jenis Tagihan : Tugas Individu

2. Alat ukur : Tes Tulis

3. Bentuk : Uraian

4. Instrumen Penilaian Kognitif

Tes uraian:

1. Tulislah surat lamaran pekerjaan menurut iklan di bawah ini!

Lowongan

Dibutuhkan segera tenaga marketing otomotif, punya kendaraan sendiri,

pengalaman satu tahun. Kirim ke alamat : PT Mahkota Sejahtera Jalan

Sudirman 89 Batam

Batam Pos, 20 Agustus 2016

Pedoman penilaian surat lamaran pekerjaan :

Skor 100 dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Tulisan (30)

a. kurang rapi 1 - 10

b. rapi 11 - 20

c. sangat rapi 21 - 30

b. Isi (25)

a. tidak sesuai dengan seruan iklan 1 - 5

b. kurang sesuai dengan iklan 6 - 10

c. cukup sesuai 11 - 15

d. sesuai dengan seruan iklan 16 - 20

e. sangat sesuai dengan iklan 21 - 25

c. Unsur/struktur surat (30)

a. tidak lengkap 1 – 10

b. kurang lengkap 11 – 20

c. lengkap 21 - 30

d. Penggunaan bahasa dan Ejaan yang dipakai (15)

a. banyak kesalahan 1 – 5

b. sebagian kecil kesalahan 6 – 10

c. tidak terdapat kesalahan 11- 15

Jawaban :

Lampiran : Dua Berkas Batam, 22 Agustus 2016

perihal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Direktur Personalia

PT Mahkota Sejahtera

Jalan Sudirman 89

Batam

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang di muat pada harian Batam Pos, tanggal 22 Agustus 2016, mengenai

marketing yang Bapak butuhkan, dengan ini saya :

nama : Mohammad Sutrisno, S.E.

tempat, tanggal lahir : Batam, 8 Februari 1989

alamat : Jalan Bayangkara 85 Batam

pendidikan : Sarjana Ekonomi

Mengajukan lamaran kerja kepada Bapak untuk mengisi lowongan tersebut.

Sebagai materi pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Fotokopi Ijazah Terakhir

3. Fotokopi Ijazah Komputer

4. Pasfoto ukuran 4 X 6

Demikian surat permohonan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Mohammad Sutrisno, S.E.

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

RPP Bahasa Indonesia SMA-MA Kurikulum 2013

Semoga sebaran materi terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Sma-Ma Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel