Rpp Kimia Sma-Ma Kurikulum 2013

 sangat sempurna berada di laman ini alasannya kami menyediakan tautan untuk mendownload materi  RPP Kimia SMA-MA Kurikulum 2013

Kali ini, kami menyajikan goresan pena yang berjudul RPP Kimia SMA-MA Kurikulum 2013. Bagi Anda guru mata pelajaran Kimia, sangat sempurna berada di laman ini alasannya kami menyediakan tautan untuk mendownload materi pola RPP Kimia K-13 jenjang SMA-MA.

Semoga dengan pola RPP Kimia yang kami sajikan ini bisa membantu meringankan dan memudahkan Anda dalam menyusun RPP Kimia jenjang SMA-MA Kurikulum 2013. Baiklah, pribadi saja kami sajikan link downloadnya di bawah ini, mari kita simak bersama:



:

Baiklah, menyerupai edisi yang telah lalu, di bawah ini kami petikkan sebagian isi dari fle yang hendak atau telah Anda unduh tersebut:

A. Identitas





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XI/ 1 (Ganjil)

Materi Pokok : Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)

B. Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasar-kan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

C. Kompetensi Dasar

1.1. Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan perihal struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif insan yang kebenarannya bersifat tentatif.

2.1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2. Menunjukkan sikap kerjasama, santun, toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta irit dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3. Menunjukkan sikap responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan problem dan menciptakan keputusan.

3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon menurut pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya

4.1. Menemukan banyak sekali struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama dan memvisualisasikannya.

D. Indikator

1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME

2. Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME ialah yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.

3. Rasa Ingin tahu

4. Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon

5. Menjelaskan kekhasan atom karbon

6. Mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier

7. Menjelaskan struktur dan tata nama alkana, alkena, dan alkuna.

E. Tujuan Pembelajaran

1. Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.

2. Menumbuhkan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat insan melalui acara mengamati tayangan video atau animasi dan acara latihan kelompok/individu yang imajinatif.

3. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat melalui acara diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.

4. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon

5. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menjelaskan kekhasan atom karbon

6. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup mengidentifikasi atom karbon primer, sekunder, dan tersier

7. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menjelaskan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.

F. Materi

1. Pengertian senyawa hidrokarbon

2. Kekhasan atom karbon

3. Atom karbon primer, sekunder, dan tersier

4. Struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna

G. Strategi Pembelajaran

Model : SOCT (Structure Oriented Chemistry Teaching)

Pendekatan : Lingkungan

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab

H. Media dan Sumber Belajar

1. Media : Papan tulis, laptop, LCD, dan Infokus

2. Sumber Belajar : J.M.C. Johari, M.Sc. dan Ir. M. Rachmawati, M.Phil. 2007.

Kimia 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta : esis.

I. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a. Guru mengucapkan salam kepada siswa dengan senyum yang bersahabat/ komunikatif;

b. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai doktrin masing-masing;

c. Guru mengusut kehadiran siswa;

d. Guru melaksanakan apersepsi dan memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan perihal bahan-bahan apa saja yang dipergunakan/ ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang bekerjasama dengan senyawa karbon;

e. Guru memberikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dan acara pembelajaran hari ini;

f. Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

a. Siswa dalam kelompok diminta untuk mengamati produk-produk kimia dalam kehidupan yang bekerjasama dengan senyawa karbon. Kemudian, Siswa dalam kelompok membaca materi perihal senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, dan tersier serta struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.

b. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan senyawa karbon. Apa itu senyawa karbon ? Apa saja kekhasan dari atom karbon ?

c. Siswa dalam kelompok diminta mengkaji literatur perihal senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.

d. Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing siswa atau kelompok yang masih ada kesulitan.

e. Siswa menyimpulkan perihal senyawa karbon, kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna.

f. Perwakilan masing-masing kelompok memberikan hasil (presentasi) diskusinya dan kesimpulannya dengan tata bahasa yang benar.

g. Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian Kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.

h. Guru menawarkan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru menawarkan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)

a. Bersama siswa menyimpulkan kekhasan atom karbon, atom karbon primer, sekunder, tersier dan struktur dan tatanama alkana, alkena, dan alkuna

b. Melaksanakan penilaian pembelajaran

c. Memberikan kiprah membaca materi selanjutnya untuk pertemuan yang akan datang.

d. Menginformasikan rencana acara pembelajaran yang akan datang.

J. Penilaian Hasil Pembelajaran

1. Jenis Tagihan : Tugas Individu

2. Alat ukur : Tes Tulis

3. Bentuk : Pilihan Ganda

4. Instrumen Penilaian Kognitif

5. Instrumen Penilaian Sikap

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

RPP Kimia SMA-MA Kurikulum 2013

Semoga sebaran materi terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

0 Response to "Rpp Kimia Sma-Ma Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel