Rpp Pjok Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013
Download RPP PJOK SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
Berikut ini kami sajikan link download contoh RPP PJOK SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013:
Berikut kami petikkan sebagian isi dari file RPP PJOK Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengan Atas di atas:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya
KI 2.Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3.Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Memilikimotivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan taktik berpikir dalam menentukan dan menerapkan taktik menuntaskan masalah.
Indikator :
2.2.1.mampu bersikap toleransi dalam perbedaan taktik berpikir dalammemilih dan menerapkan taktik menuntaskan masalah.
2.2.2 mampubersikapdisiplindalampembelajaranlompatjauh
3.8 Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi dengan memakai konteks sehari- hari dan menerapkannya.
Indikator :
3.8.1 Mengingat kembali perihal bahan yang lalu
3.8.3 Mengetahui pengertian lompat jauh
C. Tujuan Pembelajaran
b) Peserta didik berdoa sebelum dan setelah pelajaran dengan baik
1. Siswa sanggup melaksanakan teknik lompatjauh dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa sanggup melaksanakan perlombaan atletik tolak peluru dengan memakai peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
Lompat Jauh
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Scientifik
Model pembelajaran : PBL (Problem Based Learning)
F. Media , Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : Lapangan
2. Alat : Bendera, papan, kapur, meteran
3. Sumber Belajar :
a) Buku SiswaPJOK Kelas X Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, 2013
b) Buku GuruPJOK Kelas X Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, 2013
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan (25 menit)
a. a. Berbaris
Peserta didik dibariskan 2-4 bersaf, penerima didik yg tinggi di sebelah kanan
b. Presensi
Mengecek kehadiran penerima didik dan menanyakan kesehatan penerima didik secara umum
c. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing- masing
d. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi penerima didik dengan cara:
a. Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan bahan yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal penerima didik pada bahan yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan bahan pengetahuan sebelumnya dengan
bahan yang akan dipelajari
b. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan bahan yang akan dipelajari
c. Pemanasan
Menugaskan penerima didik untuk melaksanakan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bab item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di tangan.
b. Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
Mengamati klarifikasi konsepdan teladan klarifikasi cara melalakukan teknik
lompat jauh dengan cara:
1. Awalan, tumpuan, melayang di udaradanmendaratdengankoordinasi yang baik
2. Melakukanlatihandasarlompatjauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat dengan koordinasi yang baik.
3. Melakukan latihan variasi dan kombinasi dasar lompat jauh
4. Melakukan perlombaan lompat jauh dengan memakai modifikasi secara berkelompok.
Menanya
Mempertanyakan teknik dasar menolak peluru yang benar biar kesannya sanggup maksimal.
Pada final episode klarifikasi gerak dan demo dari guru, penerima didik diberikesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) mekanisme gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
Mengeksplorasi
Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
1. Awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat dengan koordinasi yang baik
2. Melakukan latihan dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat dengan koordinasi yang baik.
3. Melakukan latihan variasi dan kombinasi dasar lompat jauh
4. Melakukan perlombaan lompat jauh dengan memakai modifikasi secara berkelompok.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
:
Berikut kami petikkan sebagian isi dari file RPP PJOK Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengan Atas di atas:
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas/ Semester : X/Satu
Materi Pokok : Lompat Jauh
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya
KI 2.Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas aneka macam permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3.Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Memilikimotivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan taktik berpikir dalam menentukan dan menerapkan taktik menuntaskan masalah.
Indikator :
2.2.1.mampu bersikap toleransi dalam perbedaan taktik berpikir dalammemilih dan menerapkan taktik menuntaskan masalah.
2.2.2 mampubersikapdisiplindalampembelajaranlompatjauh
3.8 Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi dengan memakai konteks sehari- hari dan menerapkannya.
Indikator :
3.8.1 Mengingat kembali perihal bahan yang lalu
3.8.3 Mengetahui pengertian lompat jauh
C. Tujuan Pembelajaran
b) Peserta didik berdoa sebelum dan setelah pelajaran dengan baik
1. Siswa sanggup melaksanakan teknik lompatjauh dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa sanggup melaksanakan perlombaan atletik tolak peluru dengan memakai peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
Lompat Jauh
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Scientifik
Model pembelajaran : PBL (Problem Based Learning)
F. Media , Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : Lapangan
2. Alat : Bendera, papan, kapur, meteran
3. Sumber Belajar :
a) Buku SiswaPJOK Kelas X Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, 2013
b) Buku GuruPJOK Kelas X Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, 2013
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan (25 menit)
a. a. Berbaris
Peserta didik dibariskan 2-4 bersaf, penerima didik yg tinggi di sebelah kanan
b. Presensi
Mengecek kehadiran penerima didik dan menanyakan kesehatan penerima didik secara umum
c. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing- masing
d. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi penerima didik dengan cara:
a. Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan bahan yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal penerima didik pada bahan yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan bahan pengetahuan sebelumnya dengan
bahan yang akan dipelajari
b. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan bahan yang akan dipelajari
c. Pemanasan
Menugaskan penerima didik untuk melaksanakan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bab item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di tangan.
b. Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
Mengamati klarifikasi konsepdan teladan klarifikasi cara melalakukan teknik
lompat jauh dengan cara:
1. Awalan, tumpuan, melayang di udaradanmendaratdengankoordinasi yang baik
2. Melakukanlatihandasarlompatjauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat dengan koordinasi yang baik.
3. Melakukan latihan variasi dan kombinasi dasar lompat jauh
4. Melakukan perlombaan lompat jauh dengan memakai modifikasi secara berkelompok.
Menanya
Mempertanyakan teknik dasar menolak peluru yang benar biar kesannya sanggup maksimal.
Pada final episode klarifikasi gerak dan demo dari guru, penerima didik diberikesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) mekanisme gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
Mengeksplorasi
Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
1. Awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat dengan koordinasi yang baik
2. Melakukan latihan dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat dengan koordinasi yang baik.
3. Melakukan latihan variasi dan kombinasi dasar lompat jauh
4. Melakukan perlombaan lompat jauh dengan memakai modifikasi secara berkelompok.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
0 Response to "Rpp Pjok Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013"
Posting Komentar