Rpp Pkn Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013

 kami menyediakan rujukan RPP yang pastinya bisa memberi manfaat untuk Anda dalam menyusun  RPP PKn SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Pada goresan pena yang berjudul RPP PKn SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 kali ini, kami menyediakan rujukan RPP yang pastinya bisa memberi manfaat untuk Anda dalam menyusun RPP PKn K-13.

Berikut kami sediakan link downloadnya dan dipersilahkan untuk mengunduh sesuai tautannya di bawah ini:



:

Baiklah, selanjutnya kami petikkan sebagian kecil isi dari file yang hendak atau telah Anda download tersebut:

A. Identitas





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)

Kelas/Semester : XI/ 1 (Ganjil)

Materi Pokok : Peranan Pers dalam Masyarakat Demokrasi

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan)

B. Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minat-nya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

C. Kompetensi Dasar

1.1. Menyadari adanya keteraturan struktur partikel bahan sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan wacana struktur partikel bahan sebagai hasil pemikiran kreatif insan yang kebenarannya bersifat tentatif.

2.1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2. Menunjukkan sikap kerjasama, santun, toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta ekonomis dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3. Menunjukkan sikap responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan persoalan dan menciptakan keputusan.

3.1. mengumpulkan contoh-contoh dampak negatif dibedakan secara internal dan eksternal

3.1. mengevaluasi manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari

D. Indikator

1. Mengagungkan kebesaran Tuhan YME

2. Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME yaitu yang terbaik untuk semua ciptaan-Nya.

3. Rasa Ingin tahu

4. Menjelaskan penyalahgunaan kebebasan pers

5. Menjelaskan dampak negatip secara internal dan eksternal

6. mengumpulkan contoh-contoh dampak negatip penyalahgunaan kebebasan pers

7. Mengevaluasi manaat media massa dalam kehidupan sehari-hari.

E. Tujuan Pembelajaran

1. Menumbuhkan kesadaran diri akan keagungan Tuhan YME.

2. Menumbuhkan kesadaran akan ketetapan Tuhan YME merupakan ketetapan yang terbaik untuk kehidupan umat insan melalui acara mengamati tayangan video atau animasi dan acara latihan kelompok/individu yang imajinatif.

3. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu, teliti, tekun/ulet dan saling menghargai pendapat melalui acara diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan individu.

4. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon

5. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menyebutkan penyalahgunaan kebebasan pers

6. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup mendeskripsikan bintang film penyebab kesalahgunaan kebebasan pers

7. Melalui diskusi dan latihan, siswa sanggup menjelaskan dampak negatif secara internal dan eksternal

F. Materi

1. kebebasan pers

2. faktor penyebab penyalahgunaan pers

3. bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan pers

4. dampak negatif secara internal dan eksternal

5. dampak negatif dan positip penyalahgunaan kebebasan pers

6. manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari

G. Strategi Pembelajaran

Model : SOCT (Structure Oriented Chemistry Teaching)

Pendekatan : Lingkungan

Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab

H. Media dan Sumber Belajar

1. Media : Papan tulis, laptop, LCD, dan Infokus

2. Sumber Belajar : suprapto (2007) buku pendidikan kearganegaraan SMA/MA kelas XII penerbit Bumi Aksara

3. budiyanto (2007) buku pendidikan kearganegaraan untuk Sekolah Menengan Atas kelas XII penerbit Erlangga

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

RPP PKn SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Semoga sebaran bahan terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

0 Response to "Rpp Pkn Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel