Rpp Sejarah Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013

Kali ini kami masih menuliskan bahan terkait perangkat manajemen guru jenjang RPP Sejarah SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
Kali ini kami masih menuliskan bahan terkait perangkat manajemen guru jenjang SMA-MA-SMK-MAK. Tulisan pada kesempatan hari ini yang berjudul RPP Sejarah SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 telah kami persiapkan dengan baik dan agar bisa diambil keuntungannya untuk Anda.

Okey, secara gampang dan cepat Anda bisa eksklusif mengunduh file RPP Sejarah K-13 yang kami sediakan linknya di bawah ini:



:

Di bawah ini kami sajikan sedikit isi dari bahan pola RPP Sejarah SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013, mari disimak bersama....


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Sejarah

Kelas/Semester : X, XI, XII/1 dan 2

Peminatan : Ilmu Ilmu Sosial

Materi Pokok : Penelitian dan Penulisan Sejarah

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 2 X pertemuan)

Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai penggalan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar

3.7 Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap banyak sekali insiden Sejarah

4.7 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian

Indikator

1. Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan kiprah kelompok

2. Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan kiprah kelompok

3. Menunjukkan sikap jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data

4. Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan presentasi

5. Mendeskripsikan wacana data dan fakta dalam sejarah

6. Menjelaskan wacana realibilitas, validitas dan kesahihan

6. Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam penelitian sejarah

8. Membedakan prinsip objektifitas dan subjektifitas dalam penulisan sejarah

9. Menemukan topic penelitian dalam penelitian sejarah

10. Melakukan tahap penelitian dan penulisan sejarah secara sederhana

11. Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah

12. Menulis hasil penelitian sejarah dalam bentuk laporan penelitian

Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:

 Mendeskripsikan wacana data dan fakta dalam sejarah

 Menjelaskan wacana realibilitas, validitas dan kesahihan

 Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam penelitian sejarah

 Menemukan topic penelitian sejarah

 Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas

 Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan presentasi

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa dapat:

 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana

 Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah

 Menulis hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian

 Menunjukkan sikap jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data

 Menunjukan kerjasama dalam kerja kelompok

 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan kiprah kelompok

Materi Pembelajaran

 Fakta

1.Pelaku sejarah

2.Saksi sejarah

3.Arsip arsip

4. Sumber sejarah

 Konsep

1. Heuristik

2. Verifikasi

3. Interpretasi

4. Historiografi

 Prinsip

1. Objektifitas penulisan sejarah

2. Topik Penelitian

3. Data dan fakta sejarah

4. Realibilitas, validitas dan sahih

 Prosedural

1. Tahapan-tahapan Penelitian Sejarah

2. Pengolahan data

Kami cukupkan dulu hingga di sini goresan pena kami yang berjudul

RPP Sejarah SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Semoga sebaran bahan terkait administrasi guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!


(Redaksi)

0 Response to "Rpp Sejarah Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel