Download Kisi-Kisi Soal Siap Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb: Mapel Matematika Smp/Mts-Sma/Ma-Smk/Mak Pdf
Download Kisi-kisi Soal Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel Matematika SMP/MTs-SMA/MA-SMK/MAK pdf
Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi guru tahun 2017, khususnya ditujukan kepada para kepala sekolah, pengawas, dan guru yang pindah mata pelajaran.
Pretest UKG rencananya akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Mengingat pentingnya UKG ini bagi setiap guru Mapel Mapel Matematika SMP/MTS-SMA/MA-SMK/MAK, maka persiapan semestinya dilakukan secara cermat dan seksama. Persiapan sanggup dilakukan dengan terus menerus membaca materi bacaan yang penting. Salah satu materi persiapan yang penting ialah dengan membaca kisi-kisi UKG tersebut.
Bagi Anda para guru Mapel Matematika SMP/MTS-SMA/MA-SMK/MAKyang akan menjalani pretest UKG tahun 2017 ini, goresan pena ini menyediakan dua tautan download penting, yaitu: Kisi-kisi Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel Matematika SMP/MTS-SMA/MA-SMK/MAK.
Berikut ialah tautan Download Kisi-kisi Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel Matematika SMP/MTS-SMA/MA-SMK/MAK:
Berikut ialah kutipan dari Kisi-kisi Soal Siap Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB: Mapel Matematika SMP/MTs-SMA/MA-SMK/MAK dalam bentuk tabel:
NO | KOMPETENSI INTIGURU MATA PELAJARAN | KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN (KG MAPEL) | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI ESENSIAL GURU MATEMATIKA SMP/MTs (IPK ESENSIAL GURU MATEMATIKA SMP/MTs) |
---|---|---|---|
NO | (KIG MAPEL) | KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN (KG MAPEL) | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI ESENSIAL GURU MATEMATIKA SMP/MTs (IPK ESENSIAL GURU MATEMATIKA SMP/MTs) |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.1 Menjelaskan tahapan perkembangan sikap dan langsung siswa |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.2 Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan sikap dan langsung siswaterhadap pendidikan matematika |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.3 Membedakan banyak sekali jenis kecerdasan siswa menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.4. Membedakan banyak sekali aspek perkembangan siswa menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.5 Menjelaskan tahapan perkembangan kemampuan intelektual siswa |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.6 Mendeskripsikan keragaman siswa dalam kemampuan intelektual menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.7 Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi siswa |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.8 Mendeskripsikan keragaman siswa dalam kecerdasan emosi menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.9 Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual siswa |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.10 Mendeskripsikan keragaman siswa dalam kecerdasan spiritual menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.11. Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial siswa |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.12 Mendeskripsikan keragaman siswa dalam keterampilan sosial menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.13 Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek moral siswa |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.14 Mendeskripsikan keragaman siswa dalam perkembangan moral menurut ciri-cirinya |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.15 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik remaja |
1 | 1. Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik siswa usia SMP/MTs yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.16 Mendeskripsikan ciri-ciri dewasa yang sehat secara fisik |
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.1 Mengidentifikasi talenta siswa dalam berguru matematika | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.2 Mengidentifikasi minat siswa dalam berguru matematika | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.3 Mengidentifikasi kecerdasan emosi siswa | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.4 Mengidentifikasi kecerdasan spiritual siswa | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.5 Mengidentifikasi keterampilan sosial siswa | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.6 Mengidentifikasi perkembangan aspek moral siswa | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.7 Mengidentifikasi pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas siswa | ||
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.2.8 Mengidentifikasi potensi kognitif siswa dalam berguru matematika | ||
8.5 Mengadministrasikan penilaianproses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen. | 8.5.1. Memverifikasi hasil penilaian sesuai dengan jenis-jenis penilaian | ||
8.5 Mengadministrasikan penilaianproses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen. | 8.5.2. Menentukan mekanisme sistem pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar | ||
8.5 Mengadministrasikan penilaianproses dan hasil berguru secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen. | 8.5.3. Menyusun laporan hasil penilaian dan penilaian pembelajaran | ||
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses danhasil berguru untuk banyak sekali tujuan. | 8.6.1. Mengidentifikasi hasil penilaian proses dan hasil berguru sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian hasil belajar. | ||
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses danhasil berguru untuk banyak sekali tujuan. | 8.6.2. Mengolah hasil penilaian proses dan hasil berguru untuk banyak sekali tujuan. | ||
8.6 Menganalisis hasil penilaian proses danhasil berguru untuk banyak sekali tujuan. | 8.6.3. Menyimpulkan hasil penilaian proses dan hasil belajar | ||
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.1. Mengumpulkan data hasil proses penilaian dan penilaian belajar. | ||
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.2. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar | ||
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.3. Menentukan langkah-langkah teknik penilaian penilaian proses dan hasil belajar | ||
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.4. Menerapkan teknik penilaian proses dan hasil belajar | ||
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.5 Menyusun laporan hasil penilaian proses dan hasil belajar. | ||
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.6. Menyimpan data dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar | ||
9 | 9. Memanfaatkanhasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan | 9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar | 9.1.1 Menentukan Kreteria Ketuntasan berguru dengan memakai penilaian danevaluasi proses dan hasil belajar |
9 | 9. Memanfaatkanhasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan | 9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar | 9.1.2. Mengkonstruksikan hasil penilaian dan penilaian dengan KKM yang sudahditentukan |
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaiandan penilaian untuk merancang acara remedial dan pengayaan. | 9.2.1. Menentukan tujuan dan sasaran acara remedial dan pengayaan | ||
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaiandan penilaian untuk merancang acara remedial dan pengayaan. | 9.2.2. Merancang acara remedial dengan memakai hasil penilaian dan evaluasiproses dan hasil pembelajaran | ||
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaiandan penilaian untuk merancang acara remedial dan pengayaan. | 9.2.3. Merancang acara pengayaan dengan memakai hasil penilaian dan evaluasiproses dan hasil pembelajaran | ||
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian danevaluasi kepada pemangku kepentingan. | 9.3.1 Membuat laporan penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran | ||
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian danevaluasi kepada pemangku kepentingan. | 9.3.2 Mengkomunikasikan penilaian dan penilaian proses dan hasil pembelajaran kepada siswa, wali murid/orang tua, kepala sekolah, pemangku kepentingan, dan pemerintah | ||
9.4.1 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan penilaian pembelajaran sebagai materi penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. | |||
20.11 Menggunakan vektor danmatriks. | |||
20.12 Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika. | 20.12.1 Mengidentifikasi manfaat sejarah matematika untuk memotivasi siswa dalampembelajaran matematika | ||
20.12 Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika. | 20.12.2 Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran matematika SMP/MTs yang sesuai denganaliran filsafat matematikanya | ||
20.13 Mampu memakai alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | 20.13.1 Mengidentifikasi penggunaan alat peraga yang sesuai dengan KD dan materipembelajaran matematika SMP/MTs yang dipelajari siswa | ||
20.13 Mampu memakai alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | 20.13.2 Menggunakan alat peraga matematika dalam pembelajaran matematikaSMP/MTs | ||
20.13 Mampu memakai alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | 20.13.3 Menganalisis penggunaan piranti yang bekerjasama dengan komputer/TIKdalam pengelolaan pembelajaran matematika SMP/MTs | ||
20.13 Mampu memakai alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | 20.13.4 Menggunakan piranti yang bekerjasama dengan TIK dalam mengelolapembelajaran matematika SMP/MTs | ||
21 | 21. Menguasaistandar kompetensi dan kompetensi dasar mata | 21.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. | 21.1.1 Menjelaskan makna dari KI dan KD Matematika SMP/MTs |
21 | 21. Menguasaistandar kompetensi dan kompetensi dasar mata | 21.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. | 21.1.2 Menganalisis keterkaitan antara SKL, KI, KD mapel matematika SMP/MTs |
21 | 21. Menguasaistandar kompetensi dan kompetensi dasar mata | 21.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu. | |
21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | 21.2.1 Menganalisis materi pembelajaran yang termuat dalam suatu KD matematikaSMP/MTs | ||
21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | 21. 2.2 Menganalisis korelasi antar KD matematika SMP/MTs dalam lingkup satu KI | ||
21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | 21.2.3 Menganalisis korelasi antar KD matematika SMP/MTs dalam lingkup beberapa KI | ||
21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | 21.2.4 Menganalisis indikator pencapaian pada suatu KD Matematika SMP/MTs | ||
21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. | 21.3.1 Menjelaskan makna dari tujuan pembelajarn suatu KD Matematika SMP/MTs | ||
21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. | 21.3.2 Mengidentifikasi tujuan pembelajaran matematika SMP/MTs pada suatu KDmatematika SMP/MTs | ||
22.Mengembangkan | 22.1 Memilih materi pembelajaran | 22.1.1 Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangansiswa SMP/MTs |
No. | |||
---|---|---|---|
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mapel | Indikator Esensial |
1 | 1. Menguasai karakteristik pesertadidik dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. (2 Soal) | 1.1.1 Menjelaskan karakteristik peserta didik yangberkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial- emosional |
1.1.2 Menjelaskan karakteristik peserta didik yangberkaitan dengan aspek moral dan spiritual | |||
1.1.3 Menjelaskan karakteristik peserta didik yangberkaitan dengan latar belakang sosial budaya | |||
1.1.4 Menentukan karakteristik peserta didik yangberkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial- emosional | |||
1.1.5 Menentukan karakteristik peserta didik yangberkaitan dengan aspek moral dan spiritual | |||
1.1.6 Menentukan karakteristik peserta didik yangberkaitan dengan latar belakang sosial budaya | |||
1.1.7 Mengidentifikasi karakteristik peserta didikyang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional | |||
1.1.8 Mengidentifikasi karakteristik peserta didikyang berkaitan dengan aspek moral dan spiritual | |||
1.1.9 Mengidentifikasi karakteristik peserta didikyang berkaitan dengan latar belakang sosial budaya | |||
1.4 Mengidentifikasi kesulitanbelajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu (2 soal) | 1.4.1 Mengidentifikasi penyebab kesulitan siswadalam menuntaskan persoalan matematika | ||
1.4.1 Mengidentifikasi penyebab kesulitan siswadalam meyajikan atau menuangkan gagasan dalam bahasa mulut maupun tulis | |||
2 | 2. Menguasai teori berguru danprinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | 2.2 Menerapkan berbagaipendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. (2Soal) | 2.2.1 Menggunakan banyak sekali pendekatanpembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran matematika |
2.2.2 Menggunakan banyak sekali taktik pembelajaranyang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran matematika | |||
2.2.3 Menggunakan banyak sekali metode pembelajaranyang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran matematika | |||
2.2.4 Menggunakan banyak sekali teknik pembelajaranyang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran matematika | |||
2.2.5 Menggunakan secara terpadu berbagaistrategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam pembelajaran matematika | |||
3 | 3. Mengembangkan kurikulumyang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. | 3.3 Menentukan pengalamanbelajar yangsesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. | 3.3.1 Menentukan pengalaman berguru yang sesuaiuntuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai |
3.3.2 Merencanakan kegiatan pembelajaran yangsesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai | |||
3.4 Memilih materi pembelajaranyang diampu yang terkait dengan pengalaman berguru dan tujuan pembelajaran. (2 soal) | 3.4.1 Memilih materi pembelajaran yang sesuaidengan tujuan pembelajaran | ||
3.4.2 Memilih materi pembelajaran yang sesuaidengan usia dan tingkat kemampuan berguru peserta didik | |||
3.4.3 Memilih materi pembelajaran yang sesuaidengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. | |||
3.4.4 Memilih materi pembelajaran yang sempurna danmutakhir | |||
3.4.5 Memilih materi pembelajaran yang dapatdilaksanakan di kelas | |||
4 | 4. Menyelenggarakanpembelajaran yang mendidik. | 4.3 Menyusun rancanganpembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | 4.3.1 Menentukan urutan penyampaian materipembelajaran menurut hirarkhi materi matematika |
4.3.2 Menggunakan kata kerja yang sempurna untukmerumuskan indikator sesuai dengan kompetensi dasar | |||
4.3.3 Menentukan acara matematis yang sesuaidengan setting kelas, laboratorium atau lapangan. | |||
4.3.4 Menyusun rancangan pembelajaran sesuaidengan silabus | |||
4.4 Melaksanakan pembelajaranyangmendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | 4.4.1 Membedakan suatu pembelajaran yangmendidik dan tidak mendidik dengan memperhatikan keamanan | ||
4.4.2 Mencontohkan suatu pembelajaran yangmendidik dan tidak mendidik dengan memperhatikan keamanan | |||
4.5 Menggunakan mediapembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.1. Memilih media pembelajaran yang sesuaiuntuk sebuah tujuan pembelajaran yang telah ditentukan | ||
4.5.2. Memilih media pembelajaran yang sesuaidengan karakteristik siswa. | |||
4.5.3. Memilih sumber berguru yang sesuai dengantujuan pembelajaran yang telah ditentukan | |||
5 | 5. Memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | 5.1 Memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. | 5.1.1 Mengaplikasikan teknologi informasi dankomunikasi untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika |
6 | 6. Memfasilitasi pengembanganpotensi peserta didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimiliki. | 6.1 Menyediakan berbagaikegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. ( 2 soal) | 6.1.1 Memberikan perhatian dan mendengarkansemua pertanyaan dan balasan peserta didik |
6.1.2 Menanggapi pertanyaan peserta didik secaratepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya. | |||
6.1.3 Menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapatmenumbuhkan kolaborasi yang baik antarpeserta didik. | |||
6.1.4 Menganalisis kegiatan siswa denganpemberian banyak sekali latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah | |||
6.1.5 Menganalisis kegiatan matematika rekreasiguna mengaktualisasikan potensi siswa | |||
7 | 7. Berkomunikasi secara efektif,empatik, dan santun dengan peserta didik | 7.2 Berkomunikasi secara efektif,empatik,dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didikuntuk ambil belahan dalam permainan:melalui bujukan dan contoh, (b) ajakankepada peserta didik untuk ambil bagian,(c) respons peserta didik terhadap permintaan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya. | 7.2.1 Berkomunikasi secara efektif dengan pesertadidik untuk melibatkannya dalam proses pembelajaran. |
7.2.2 Berkomunikasi secara empatik dan santundengan peserta didik supaya mau terlibat aktif dalam proses pembelajaran. | |||
8 | 8. Menyelenggarakan penilaiandan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.2 Menentukan aspek-aspekproses danhasil berguru yang penting untuk dinilaidan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | 8.2.1 Menentukan teknik penilaian proses dan hasilbelajar pada insiden kegiatan pembelajaran |
8.2.2 Menentukan persyaratan penyusunaninstrumen penilaian menurut suatu kasus/peristiwa pengembangan instrumen penilaian di satuan pendidikan | |||
8.4 Mengembangkan instrumenpenilaiandan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.4.1. Menyusun instrumen penilaian untuk suatuindikator. | ||
8.7 Melakukan penilaian proses danhasil belajar. | 8.7.1 Menyusun alat penilaian yang sesuai dengantujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu ibarat yang tertulis dalam RPP. | ||
8.7.2 Melaksanakan penilaian dengan berbagaiteknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, perihal tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari. | |||
9 | 9. Memanfaatkan hasil penilaiandan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. | 9.1 Menggunakan informasi hasilpenilaiandan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar | 9.1.1 Menentukan kriteria ketuntasan berguru padasuatu kompetensi tertentu |
9.2 Menggunakan informasi hasilpenilaiandan penilaian untuk merancang programremedial dan pengayaan. | 9.2.1. Menentukan acara remedial yang sesuaiberdasarkan hasil penilaian dan evaluasi. | ||
9.2.2. Menentukan acara pengayaan yang sesuaiberdasarkan hasil penilaian dan evaluasi. | |||
10 | 10. Melakukan tindakan reflektifuntuk peningkatan kualitas pembelajaran. | 10.1 Melakukan refleksi terhadappembelajaran yang telah dilaksanakan. | 10.1.1 Memilih kegiatan yang sesuai dalampelaksanaan refleksi |
10.1.2 Menentukan komponen pembelajaran yangperlu diperbaiki menurut hasil refleksi pembelajaran satu kompetensi dasar (KD) matematika | |||
10.3 Melakukan penelitiantindakan kelasuntuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu (2 Soal) | 10.3.1. Menjelaskan pengertian Penelitian TindakanKelas | ||
10.3.2. Mendeskripsikan karakteristik PenelitianTindakan Kelas | |||
10.3.3. Menjelaskan prinsip Penelitian TindakanKelas | |||
10.3.4. Menjelaskan tahap-tahap Penelitian TindakanKelas | |||
11 | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | 20.1 Menggunakan bilangan,hubungan di antara bilangan, | 20.1.1 Menganalisis korelasi banyak sekali jenis danbentuk bilangan. |
11 | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | berbagai sistem bilangan dan teoribilangan. | 20.1.1 Menganalisis korelasi banyak sekali jenis danbentuk bilangan. |
20.1.2 Menerapkan operasi pada bilangan danaturannya pada banyak sekali konteks permasalahan. | |||
20.1.2 Menganalisis dan menerapkan hubunganpembagi dan sisa pembagiannya | |||
20.2 Menggunakan pengukurandan penaksiran | 20.2.1 Menentukan hasil taksiran dari operasibeberapa bilangan | ||
20.3 Menggunakan logikamatematika. | 20.4.2 Menerapkan konsep luas bangkit datar dalammenyelesaikan persoalan pada kehidupan sehari-hari | ||
20.4.3 Menentukan perbandingan volume di dalambangun kubus | |||
20.3.3 Menerapkan modus ponens, modus tollensdan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan | |||
20.3.4 Menerapkan logika matematika dalampemecahan persoalan yang berkaitan dengan pernyataan beragam dan pernyataan berkuantor | |||
20.4 Menggunakan konsep-konsep geometri. | 20.4.1 Menentukan bangkit datar kalau diberikan sifat-sifatnya | ||
20.4.2 Menerapkan konsep luas bangkit datar dalammenyelesaikan persoalan pada kehidupan sehari-hari | |||
20.4.3 Menentukan perbandingan volume di dalambangun kubus | |||
20.4.4 Menganalisis sifat kesejajaran dalampersamaan garis lurus | |||
20.4.5 Mengidentifikasi suatu pernyataan geometrissesuai dengan aksioma dan teorema yang berlaku | |||
20.5 Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang. | 20.5.1. Menjelaskan pengertian ruang sampel dankejadian | ||
20.5.2. Membedakan insiden beragam dan tunggal | |||
20.5.3. Menentukan nilai peluang teoritis suatukejadian | |||
20.5.4. Menerapkan konsep peluang insiden untukmenyelesaikan masalah. | |||
20.5.5. Menentukan ukuran pemusatan yang tepatuntuk mewakili suatu populasi. | |||
20.5.6. Memahami mekanisme menentukan medianpada data berkelompok | |||
20.5.7. Memahami mekanisme penentuan Modus padadata berkelompok. | |||
20.5.8. Memilih representasi yang sempurna dalampenyajian data. | |||
20.5.9. Dapat memakai konsep statistika dalampenyelesaian masalah. | |||
20.6 Menggunakan pola danfungsi. | 20.6.1 Menggunakan pola bilangan dalam barisanatau deret untuk menuntaskan masalah | ||
20.6.2 Menemukan pola untuk menyelesaikanmasalah sehari-hari. | |||
20.6.3 Menerapkan konsep fungsi untukmenyelesaikan masalah. | |||
20.6.4 Menerapkan konsep komposisi fungsi daninvers fungsi dalam menuntaskan persoalan nyata. | |||
20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar. | 20.7.1 Menentukan model matematika dari masalahnyata | ||
20.7.2 Mengaplikasikan konsep acara lineardalam menuntaskan persoalan nyata | |||
20.7.3 Mengaplikasikan konsep barisan dan deretaritmetika /geometri dalam menuntaskan persoalan nyata | |||
20.7.4 Menggunakan diskriminan untukmenyelesaikan persoalan persamaan kuadrat | |||
20.8 Menggunakan konsep-konsep kalkulus dan geometri analitik. | 20.8.1 Menggunakan sifat limit fungsi untukmenghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri | ||
20.8.2 Menghitung integral tak tentu dan integraltentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana | |||
20.9 Menggunakan konsep danproses matematika diskrit. | 20.9.1 Menggunakan pengertian atau sifat notasisigma dalam memecahkan persoalan matematika | ||
20.9.2 Dapat menentukan prinsip permutasi ataukombinasi dalam menuntaskan persoalan diskrit | |||
20.9.3 Menggunakan aturan De’ Morgan untukmenyelesaikan masalah | |||
20.10 Menggunakan trigonometri. | 20.10.1. Memahami satuan pengukuran sudut. | ||
20.10.2. Menjelaskan konsep enam perbandingantrigonometri, fungsi trigonometri, dan inversnya. | |||
20.10.3. Mengidentifikasi sifat-sifat grafik fungsitrigonometri. | |||
20.10.4. Menggunakan sifat maksimum/minimumfungsi untuk penyelesaian masalah. | |||
20.10.5. Menerapkan identitas trigonometri dalampenyelesaian masalah. | |||
20.10.6. Menerapkan aturan sinus dalampenyelesaian masalah | |||
20.10.7. Menerapkan aturan cosinus dalampenyelesaian masalah. | |||
20.10.8. Melukis grafik dalam koordinat polar. | |||
20.10.9. Menggunakan konsep-konsep trigonometriuntuk penyelesaian masalah. | |||
20.11 Menggunakan vektor danmatriks. | 20.11.1 Dapat melaksanakan operasi pada vektor. | ||
20.11.2 Dapat memakai konsep proyeksi dalammemecahan persoalan vektor. | |||
20.11.3 Dapat melaksanakan operasi hitung perkalianpada matriks. | |||
20.11.4 Dapat menentukan determinan suatumatriks ordo 2 x 2 dan 3 x 3 | |||
20.11.5 Dapat memakai konsep matriks dalammemecahkan persoalan sistem persamaan | |||
20.12 Menjelaskan sejarah danfilsafat matematika. | 20.12.1 Mengidentifikasi manfaat sejarahmatematika untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika | ||
20.12.2 Mengidentifikasi karakteristik pembelajaranmatematika di sekolah sesuai dengan aliran filsafat matematikanya | |||
20.13 Mampu memakai alatperaga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | 20.13.1 Menggunakan alat peraga matematika | ||
20.13.2 Menganalisis penggunaan MS Excell untukmengolah data | |||
12 | 21. Menguasai standarkompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | 21.1 Memahami standarkompetensi mata pelajaran yang diampu. | 21.1.1 Menganalisis kompetensi dasar (KD) darisuatu KI pada pelajaran matematika |
21.2 Memahami kompetensi dasarmata pelajaran yang | 21.2.1. Dapat menganalisis dan menerapkan suatuKD pelajaran matematika | ||
diampu. | 21.2.1. Dapat menganalisis dan menerapkan suatuKD pelajaran matematika | ||
21.3 Memahami tujuanpembelajaran yang diampu. | 21.3.1 Dapat menentapkan tujuan pembelajaran darisatu atau beberapa kompetensi dasar matematika. | ||
21.3.2 Dapat memutuskan indikator-indikator yangtepat untuk suatu kompetensi dasar matematika. | |||
13 | 22. Mengembangkan | 22.1 Memilih materi pembelajaran | 22.2.1 Menentukan kegiatan berguru yang relevandengan level kemampuan siswa |
23.4.2 Mengidentifikasi tindakan yang sempurna untukmensikapi atau menghadapi perkembangan zaman | |||
23.4.3 Menentukan kegiatan berguru yang relevandengan level kemampuan siswa | |||
23.4.4 Menelaah konteks sebagai pemicu prosespembelajaraan | |||
15 | 24. Memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi | 24.1 Memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | 24.1.1 Melakukan pengiriman dan penerimaanpesan atau dokumen memakai email |
15 | untuk membuatkan diri. | 24.1 Memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | 24.1.1 Melakukan pengiriman dan penerimaanpesan atau dokumen memakai email |
24.2 Memanfaatkan teknologi | 24.2.1. Dapat memanfaatkan internet untukpenelusuran sumber belajar, baik artikel maupun buku. | ||
informasi dan komunikasi untukpengembangan diri. | 24.2.1. Dapat memanfaatkan internet untukpenelusuran sumber belajar, baik artikel maupun buku. | ||
24.2.2. Dapat memanfaatkan internet menemukankegiatan pertemuan ilmiah, semisal seminar dan lokakarya, atau penerbitan artikel. |
No | Standar Kompetensi guru | |||
---|---|---|---|---|
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
1 | 1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-‐ emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-‐ budaya | 1.1.1 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik ( tinggi badan, berat badan, daya tahan tubuh dll) dijelaskan sesuai dengan tahap perkembangan usia remaja | Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran terkait dengan perkembangan usia sesuai dengan teori perkembangan dari Piaget |
1 | 1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-‐ emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-‐ budaya | 1.1.2 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek Intelektual (tingkat kecerdasan, daya tangkap, hasil belajar dan penguasaan pengetahuan dll), dikelompokkan sesuai dengan kondisi yang ada | |
1 | 1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | 1.1.3 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek Sosial (kerjasama, tanggung jawab, kepedulian, tenggang rasa dll) dikelompokkan sesuai dengan budaya lingkungan | ||
1.1.4 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek emosi ( sabar, toleran, santun dll) diidentifikasi sesuai dengan perkembangan kepribadian/kematangan kejiwaan | ||||
1.1.5 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek moral (etika, jujur, disiplin dll), dijelaskan sesuai dengan norma yang berlaku | ||||
1.1.6 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek spiritual (taat, iklas, cinta damai dll) dijelaskan sesuai dengan ajaran agama yang dianut | ||||
1.1.7 Karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek Latar belakang sosial-‐ budaya (suku, agama, dan ras diidentifikasi persamaan dan perbedaannya | ||||
2 | 1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. | 1.4.1 Kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu diidentifikasi sesuai dengan capaian tingkat perkembangan intelektual | ||
1.4.2 Kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu dikelompokkan sesuai dengan tingkat kesulitan belajarnya | ||||
20.Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan | 20.1 Menggunakan bilangan, hubungan di antara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan. | 20.1.1 Menentukan jenis bilangan pada suatu bentuk akar kuadrat | Menentukan akar nyata pada suatu bentuk akar kuadrat | |
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
yang mendukung mata pelajaran yang diampu | ||||
20.1.2 Menggunakan konsep barisan dan deret untuk menyesaikan masalah | Menggunakan konsep deret geometri tak hingga untuk menyelesaikan masalah Kejuruan | |||
20.1.3 Menganalisis korelasi persamaan polinomial, pembagi, dan sisa pembagiannya | Menentukan faktor-‐ faktor linier dari suatu suku banyak. | |||
20.1.4 memakai konsep eksponensial dan logaritma untuk menyelesaikan masalah | Dapat menggunakan konsep eksponensial untuk menyelesaikan masalah kejuruan | |||
3 | 20.1.5 Menerapkan operasi pada bilangan riil | Menggunakan konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen dalam penyelesaian persoalan kejuruan | ||
4 | 20.1.6 Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat | Menggunakan konsep bilangan berpangkat dalam penyelesaian masalah kejuruan | ||
5 | 20.1.7 Menerapkan konsep logaritma | Menggunakan logaritma dalam menuntaskan permasalahan bidang keahlian tertentu | ||
6 | 20.2 Menggunakan pengukuran dan penaksiran | 20.2.1 Menaksir (menduga) hasil operasi beberapa bilangan | Menentukan hasil taksiran dari operasi beberapa bilangan | |
7 | 20.2.2 Membandingkan beberapa hasil operasi dua bilangan | Mengurutkan hasil operasi yang melibatkan perkalian, pangkat, dan akar. | ||
20.2.3 Menentukan di antara bangun bangkit yang mempunyai luas/keliling terbesar kalau diketahui keliling/luasnya sama | Menentukan bangun yang mempunyai keliling terbesar dari bangun-‐ bangkit yang memiliki luas sama | |||
8 | 20.2.4 Menerapkan konsep kesalahan pengukuran | Menghitung persentase kesalahan berdasar hasil pengukuran | ||
9 | 20.2.5 Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran | Menentukan batas-‐batas ukuran dari hasil pengukuran dengan menggunakan konsep operasi hasil pengukuran | ||
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-‐ prinsip pembelajaran yang mendidik. | 2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | 2.2.1 Pendekatan pembelajaran teacher center dan student center dianalisis dengan tepat | ||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
10 | 2.2.2 Pendekatan pembelajaran saintifikditerapkan sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan | |||
11 | 2.2.3 Berbagai strategi/model pembalajaran (Problem based learning, Project based learning, Discovery learning dan inquary learning) diterapkan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran. | |||
2.2.4 Berbagai metoda dan teknik pembelajaran diterapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran | ||||
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 20.3 Menggunakan logika matematika. | 20.3. 1 Mengidentifikasi pernyataan | Menentukan kebenaran suatu pernyataan | |
20.3.2 Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk | Menentukan ingkaran suatu implikasi. | |||
20.3.3 Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan yang diketahui | Menyatakan kembali pernyataan sehari-‐hari dengan suatu pernyataan | |||
12 | 20.3.4 Menentukan kesimpulan dari suatu penalaran logis. | Menentukan kesimpulan dari suatu penalaran logis | ||
13 | 20.3.5 Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya | Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk | ||
14 | 20.3.6 Mendeskripsikan invers, konvers dan kontraposisi | Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan yang diketahui | ||
15 | 20.3. 7 Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan | Menarik suatu kesimpulan dari beberapa pernyataan dengan mengunakan aturan penarikan kesimpulan (termasuk modus ponens, modus tollens, silogisme dan lainnya) | ||
16 | 3. Mengembang kan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | 3.3.1 Pengalaman belajar dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran | |
3. Mengembang kan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | 3.3.2 Pengalaman belajar diterapkan berdasarkan hasil rancangan pembelajaran | ||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. | 3.4.1 Kriteria pemilihan materi pembelajaran dijelaskan dengan benar | |||
3.4.2 Materi pembelajaran diidentifikasi sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pengalaman belajar | ||||
17 | 3.4.3 Materi pembelajaran dipilih berdasarkan hasil identifikasi. | |||
18 | 21. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. | 21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. | 21.3.1 Menjelaskan tujuan pembelajaran yang diampu | Menjelaskan kriteria dalam menentukan tujuan pembelajaran matematika |
19 | 22. Mengembang kan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. | 22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik | 22.2.1 Mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | Mengidentifikasi materi pembelajaran matematika yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 20.4 Menggunakan konsep-‐konsep geometri. | 20.4.1 Mengidentifikasi sifat-‐ sifat atau karakteristik bangkit datar | Menentukan bangkit datar kalau diberikan sifat-‐ sifatnya. | |
20.4.2 Menyelesaikan persoalan terkait luas bangun datar | Menerapkan konsep luas bangun datar dalam menyelesaikan persoalan pada bidang kejuruan | |||
20.4.3 Menyelesaikan masalah terkait volum bangun ruang | Menentukan perbandingan volume di dalam bangun kubus | |||
20.4.4 Menyelesaikan persoalan terkait sifat kesejajaran dan ketegaklurusan | Menganalisis sifat kesejajaran dalam persamaan garis lurus | |||
20.4.5 Membuktikan pernyataan geometris melalui aksioma dan teorema. | Mengidentifikasi suatu pernyataan geometris sesuai dengan aksioma dan teorema yang berlaku. | |||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
20 | 20.4.6 Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar | Menggunakan konsep keliling dan luas dalam penyelesaian persoalan kejuruan | ||
21 | 20.4.7 Menerapkan transformasi bangun datar | Menggunakan transformasi bangkit datar untuk menyelesaikan permasalahan kejuruan (2012) | ||
22 | 20.4.8 Menerapkan konsep volume bangun ruang | Menyelesaikan persoalan kejuruan terkait volume bangun ruang | ||
23 | 20.4.9 Menentukan hubungan antar unsur-‐unsur dalam bangun ruang | Menentukan sudut antara garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga | ||
24 | 4. Menyelenggar akan pembelajaran yang mendidik | 4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan | 4.3.1 Rancangan pembelajaran yang lengkap disusun untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun di lapangan sesuai dengan komponen-‐komponen RPP. . | |
4.3.2 Rancangan pembelajaran divalidasi berdasarkan kelengkapan yang dipersyaratkan | ||||
25 | 4. Menyelenggar akan pembelajaran yang mendidik | 4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan | 4.4.1 Pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium dan di lapangan (memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan) disimulasikan sesuai dengan rancangan pembelajaran | |
4.4.2 Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium dan di lapangan (memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan) dilaksanakan sesuai dengan rancangan pembelajaran. | ||||
26 | 4. Menyelenggar akan pembelajaran yang mendidik | 4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.1 Teori tentang media pembelajaran dan sumber belajar yang relavan dijelaskan sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | |
27 | 4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.2 Media pembelajaran dan sumber belajar yang relavan dipilih sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | ||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
4.5.3 Media pembelajaran dan sumber belajar yang relavan digunakan sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | ||||
28 | 20.5 Menggunakan konsep-‐konsep statistika dan peluang. | 20.5.1 Dapat memakai konsep tendensi sentral untuk menyelesaikan masalah | Menentukan nilai pada interval kelas dari dari data yang telah diketahui | |
29 | 20.5.2 Dapat memakai konsep frekuensi relatif untuk memecahkan masalah peluang | Menentukan peluang kejadian dengan menggunakan konsep frekuensi relatif | ||
20.5.3 Dapat menentukan representasi yang sempurna dalam menyajikan data | Memilih representasi yang sempurna untuk keperluan tertentu | |||
20.5.4 Dapat menerapkan konsep peluang insiden untuk menyelesaikan masalah | Menggunakan konsep peluang untuk memecahkan persoalan kejuruan | |||
20.5.5 Menentukan ukuran pemusatan data | Dapat memakai konsep rata-‐rata untuk menyelesaikan persoalan kejuruan | |||
20.5.6 Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi | Menentukan banyaknya bilangan dengan menerapkan aturan/kaidah pencacahan | |||
30 | Menggunakan aturan permutasi atau kombinasi untuk menuntaskan masalah kejuruan | |||
Menentukan nilai peluang suatu insiden majemuk | ||||
Menentukan dua kejadian yang saling bebas | ||||
31 | 20.5.7 Menghitung peluang suatu kejadian 5.1.1 Macam-‐macam teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dipilih sesuai dengan kegunaannya. | Dapat menerapkan konsep peluang insiden majemuk untuk menyelesaikan persoalan kejuruan | ||
32 | 5. Memanfaatka n teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran | 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu | 20.5.7 Menghitung peluang suatu kejadian 5.1.1 Macam-‐macam teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dipilih sesuai dengan kegunaannya. | Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran melalui penggunaan internet |
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
33 | 5.1.2 Teknologi informasi dan komunikasi diterapkan untuk mendukung pembelajaran yang diampu sesuai kebutuhan | |||
34 | 24. Memanfaatka n teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembang kan diri. | 24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | 24.1.1 Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | Menentukan prosedur pengiriman atau penerimaan/down load file via e-‐mail |
35 | 24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri | 24.2.1 Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri | Menggunakan software aplikasi multimedia untuk pembelajaran matematika | |
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 20.6 Menggunakan pola dan fungsi. | 20.6.1 Menggunakan pola bilangan dalam barisan atau deret untuk menyelesaikan masalah | Dapat memakai deret geometri untuk memecahkan persoalan kejuruan | |
20.6.2 Menemukan pola untuk menyelesaikan masalah sehari-‐ hari. | Menentukan pola barisan aritmetika untuk menyelesaikan persoalan kejuruan. | |||
36 | 20.6.3 Menerapkan konsep fungsi linear untuk menyelesaikan masalah | Menerapkan konsep fungsi linear dalam memahami persoalan kejuruan | ||
37 | 20.6.4 Menerapkan konsep fungsi dalam menyelesaikan masalah nyata. | Menentukan invers komposisi dua fungsi | ||
38 | 20.6.5 Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika | Dapat memakai konsep barisan aritmetika untuk menuntaskan masalah kejuruan | ||
39 | 20.6.6 Menerapkan konsep barisan dan deret geometri | Menyelesaikan soal pemecahan persoalan kejuruan yang terkait dengan deret geometri | ||
20.7 Menggunakan konsep-‐konsep aljabar. | 20.7.1 Memfaktorkan suku banyak | Menentukan faktor-‐faktor suatu suku banyak. | ||
20.7.2 Menggunakan identitas aljabar dalam memecahkan masalah | Menggunakan identitas aljabar alam memecahkan masalah matematika kejuruan | |||
40 | 20.7.3 Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel | Menentukan nilai perbandingan yang berasal dari nilai penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel | ||
41 | 20.7.4 Menggunakan sifat akar-‐ akar persamaan kuadrat untuk menyelesaikan soal | Mengunakan diskriminan untuk menuntaskan masalah kejuruan | ||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
20.7.5 Menerapkan konsep fungsi kuadrat | Menggunakan fungsi kuadrat untuk menentukan nilai ekstrim | |||
20.7.6 Menerapkan konsep fungsi eksponen | Menggunakan fungsi eksponen untuk menyelesaikan persoalan kejuruan | |||
42 | 20.7.7 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat | ||
43 | 20.7.8 Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | Menggunakan sifat akar-‐akar persamaan kuadrat untuk menyelesaikan persoalan kejuruan | ||
20.7.9 Menyelesaikan sistem persamaan | Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel | |||
44 | 20.11 Menggunakan vektor dan matriks. | 20.11.1 Melakukan operasi pada vektor | Menentukan hasil kali bilangan dengan vektor | |
20.11.2 Melakukan operasi hitung perkalian pada matriks | Menghitung nilai hasil kali suatu matriks | |||
45 | 20.11.3 Menentukan determinan suatu matriks ordo 2 x 2 atau 3 x 3 | Menentukan nilai determinan suatu matriks ordo 3 x 3 | ||
46 | 20.11.4 Menggunakan konsep proyeksi vektor dalam menentukan sudut. | Diketahui 2 vektor tertentu dan proyeksi skalar salah satu vektor terhadap vektor yang lain, guru sanggup menentukan nilai kosinus sudut yang diapit oleh 2 vektor tersebut. | ||
20.11.5 Menerapkan konsep vektor pada bangun ruang | Menentukan hasil dari operasi dua vektor atau lebih | |||
Menentukan besar sudut diantara dua vektor | ||||
47 | 20.11.6 Menerapkan konsep matriks pada bidang kejuruan | Menggunakan invers matriks untuk memecahkan persoalan pada bidang kejuruan | ||
48 | 6. Memfasilitasi pengembanga n potensi peserta didik untuk mengaktualis asikan berbagai potensi yang dimiliki | 6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal | 6.1.1 Berbagai kegiatan pembelajaran melalui program ektrakurikuler dianalisis untuk mendorong peserta didik mencapai perestasi secara optimal | |
6.1.2 Berbagai kegiatan pembelajaran melalui program ektrakurikuler diterapkan untuk mendorong peserta didik mencapai perestasi secara | ||||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
optimal | ||||
49 | 20.8 Menggunakan konsep-‐konsep kalkulus dan geometri analitik. | 20.8.1 Menghitung nilai limit fungsi aljabar | Dapat menghitung nilai limit fungsi aljabar | |
50 | 20.8.2 Menghitung luas tempat yang dibatasi oleh 2 grafik fungsi | Menghitung luas tempat yang dibatasi oleh 2 grafik fungsi yang diketahui beberapa titik yang dilaluinya | ||
20.8.3 Menganalisis karakteristik turunan suatu fungsi. | Menganalisis grafik fungsi gradien dari suatu fungsi yang diketahui grafiknya | |||
20.8.4 Menghitung luas tempat yang dibatasi oleh 2 grafik fungsi yang diketahui atau beberapa titik yang dilaluinya | Menentukan luas tempat yang dibatasi oleh 2 grafik fungsi | |||
51 | 20.8.5 Menggunakan sifat irisan kerucut dalam memecahkan masalah nyata | Dapat memakai sifat parabola untuk memecahkan persoalan kejuruan | ||
52 | 20.8.6 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri | Menghitung nilai limit fungsi aljabar | ||
53 | Menentukan turunan dari fungsi aljabar dengan aturan/sifat diferensial | |||
54 | 20.8.7 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana | Menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dengan aturan | ||
Menghitung luas tempat yang dibatasi oleh beberapa grafik fungsi | ||||
55 | 7. Berkomunikas i secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik | 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permaina n yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui | 7.2.1 Komunikasi yang efektif ,empatik, dan santun dilakukan untuk penyiapan kondisi psikologis peserta didik, agar ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. | |
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya | ||||
7.2.2 Komunikasi yang efektif ,empatik, dan santun dilakukan untuk mengajak peserta didik, agar ambil bagian dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. | ||||
7.2.3 Komunikasi yang efektif ,empatik, dan santun dilakukan agar peserta didik merespon ajakan guru dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. | ||||
7.2.4 Komunikasi oleh guru yang efektif ,empatik, dan santun dilakukan untuk merespon peserta didik secara lengkap dan relevan sesuai dengan pertanyaan dan perilaku siswa. | ||||
56 | 20.9 Menggunakan konsep dan proses matematika diskrit. | 20.9.1 Menerapkan aturan pencacahan dalam memecahkan masalah | Menggunakan permutasi dalam memecahkan masalah kejuruan | |
57 | 20.9.2 Menggunakan sifat-‐sifat notasi sigma dalam memecahkan masalah | Menggunakan pengertian atau sifat notasi sigma dalam memecahkan masalah kejuruan | ||
20.9.3 Memilih prinsip permutasi atau kombinasi dalam menuntaskan persoalan diskrit. | Dapat menentukan prinsip permutasi atau kombinasi dalam menuntaskan masalah diskrit dalam bidang kejuruan. | |||
58 | 20.9.4 Menerapkan prinsip inklusi-‐eksklusi untuk memecahkan masalah diskrit | Menggunakan aturan De’Morgan untuk menentukan banyaknya anggota suatu himpunan | ||
59 | 8. Menyelenggar akan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.2 Menentukan aspek-‐aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu | 8.2.1 Aspek-‐aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi( sikap, pengetahuan dan ketrampilan) dianalisa sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar pada setiap paket keahlian | |
60 | 8.2.2 Aspek-‐aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi( sikap, pengetahuan dan ketrampilan) ditentukan sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar pada setiap paket keahlian. | |||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
61 | 8. Menyelenggar akan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.4.1 Kaidah pengembangan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dianalisa dengan benar | |
62 | 8.4.2 Kisi-‐kisi dikembangkan sesuai dengan tujuan penilaian. | |||
8.4.3 Instrument penilaian dikembangkan sesuai dengan kisi-‐kisi | ||||
8.4.4 Instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar divalidasi sesuai dengan kaidah keilmuan | ||||
63 | 8. Menyelenggar akan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.7 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.7.1 Evaluasi proses belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan | |
64 | 8.7.2 Evaluasi hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan | |||
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 20.10 Menggunakan trigonometri. | 20.10.1 Menentukan ukuran suatu segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri. | Menentukan Menentukan panjang sisi suatu segitiga | |
65 | 20.10.2 Menggunakan aturan sinus atau kosinus untuk memecahkan masalah | Menggunakan aturan kosinus untuk memecahkan persoalan jurusan tiga angka pada bidang kejuruan | ||
20.10.3 Dapat membuktikan suatu identitas trigonometri | Membuktikan identitas trigonometri sederhana | |||
66 | 20.10.4 Menggunakan nilai maksimum fungsi trigonometri dalam menyelesaikan masalah | Menentukan nilai maksimum fungsi trigonometri | ||
67 | 20.10.5 Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut | Menggunakan perbandingan trigonometri dalam menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-‐siku | ||
20.10.6 Menerapkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut | Menggunakan rumus sinus atau kosinus jumlah atau selisih dua sudut | |||
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
68 | 20.10.7 Menyelesaikan persamaan trigonometri | Menentukan himpunan penyelesaian suatu persamaan trigonometri | ||
69 | 9. Memanfaatka n hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | 9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar | 9.1.1 Informasi hasil penilaian dan evaluasi digunakan untuk menentukan ketuntasan belajar | |
9.1.2 Hasil penentuan ketuntasan belajar diklasifikasikan ke dalam kelompok tuntas dan belum tuntas. | ||||
70 | 9. Memanfaatka n hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | 9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan | 9.2.1 Informasi hasil penilaian dan evaluasi digunakan untuk merancang program remedial . | |
9.2.2 Informasi hasil penilaian dan evaluasi digunakan untuk merancang program pengayaan . | ||||
71 | 20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 20.12 Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika. | 20.12.1 Menjelaskan sejarah penemuan beberapa konsep dasar dan penting dalam matematika | Menjelaskan proses penemuan rumus barisan/ deret |
Menjelaskan sejarah perkembangan matematika di Arab | ||||
72 | 20.12.2 Menyebutkan dan menggunakan karakteristik matematika di sekolah | Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran matematika di sekolah sesuai dengan aliran filsafat matematikanya. | ||
20.12.3 Menjelaskan sistem aksiomatis pada matematika | Menentukan aksioma diantara beberapa pernyataan | |||
73 | 20.12.4 Menjelaskan perkembangan Filsafat Matematika | Menjelaskan perkembangan filsafat matematika yang yang terjadi di dunia | ||
74 | 10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran | 10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | 10.1.1 Memilih kegiatan yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi | |
75 | 10. Melakukan tindakan reflektif untuk | 10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan | 10.3.1 Konsep penelitian tindakan kelas dijelaskan dengan benar . | |
No | Standar Kompetensi guru | |||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mata Pelajaran | Indikator Esensial/ Indikator Pencapaian Kompetensi | Indikator Soal |
a | c | d | e | f |
peningkatan kualitas pembelajaran | kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | |||
10.3.2 Proposal penelitian tindakan kelas disusun sesuai dengan sistematika . | ||||
10.3.3 Penelitian Tindalkan Kelas dilakukan sesuai dengan proposal penelitian. | ||||
10.3.4 Laporan hasil penelitian tindakan kelas disusun sesuai dengan sistematika dan hasil penelitian | ||||
10.3.5 Hasil Penelitian digunakan untuk keperluan peningkatan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | ||||
76 | 23. Mengembang kan keprofesian secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif | 23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesian | Menggunakan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. | Menjelaskan bentuk tindak lanjut dari kegiatan refleksi atas kinerja seorang guru |
77 | 23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber | Terlibat dalam kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. | Mengidentifikasi tindakan yang tepat untuk mensikapi atau menghadapi perkembangan zaman | |
78 | 20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | 20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika. | 20.13.1 Memilih alat ukur, alat hitung, atau alat lukis dengan tepat untuk membantu pembelajaran matematika | Menggunakan alat lukis untuk menciptakan konstruksi sederhana |
79 | 20.13.2 Menggunakan alat peraga matematika secara efektif | Menggunakan alat peraga matematika sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. | ||
80 | 20.13.3 Memanfaatkan program komputer untuk pembelajaran matematika | Menganalisis penggunaan MsExcell untuk mengolah data |
Demikian goresan pena tentang:
0 Response to "Download Kisi-Kisi Soal Siap Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb: Mapel Matematika Smp/Mts-Sma/Ma-Smk/Mak Pdf"
Posting Komentar