Download Silabus Mapel Al-Qur'an Hadis Mi Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil Dan 2-Genap
Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap pdf
Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap yaitu kerangka pola penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran di madrasah ibtidaiyah (MI) mapel Al-Qur'an Hadis berisi komponen identitas mata pelajaran, yaitu Al-Qur'an Hadis, identitas satuan pendidikan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, bahan pokok, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan alternatif penilaian.
Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap juga merupakan citra umum aktivitas serta sasaran yang akan dicapai mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, di samping sebagai dokumentasi tertulis dalam rangka akuntabilitas aktivitas pembelajaran.
Keberadaan Silabus Mapel Al-Qur'an Hadis MI Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap menjadi penting sebab akan menjadi pola dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengelolaan media, sumber berguru dan pengembangan sistem evaluasi yang ada di madrasah ibtidaiyah (MI).
Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap yang tertulis di sini mengacu pada update terbaru 2017 dari Direktorat KKSK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Berikut yaitu link Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap pdf:
Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 1 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap
Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap pdf
Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap pdf
Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap pdf
Download Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Al-Qur'an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap pdf
:
- Download Silabus Akidah Akhlak MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kelas 2, 4, 5 | pdf
- Download Silabus Akidah Akhlak MI Kelas 1 Semester I (Ganjil) dan II (Genap) | pdf
Berikut kami kutipkan sebagian isi dari Silabus Mapel Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) tersebut:
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1 Menghayati pemikiran yang terkandung dalam Q.S.an-Nasr (110) dan al- Kausar (108) | 1.1.1 Menerima pemikiran yang terkandungdalam Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kausar (108) | Penghayatan pemikiran yangterkandung dalam Q.S. an-Nasr (110) dan al- Kausar (108) | - Membimbing penghayatan pemikiran yang terkandungdalam Q.S. an-Nasr (110)dan al-Kausar (108) | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
2.1 Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al- Kausar (108) dalam kehidupan sehari-hari | 2.1.1 Membiasakan pengamalan isikandungan Q.S. an- Nasr (110) dan al- Kausar (108) dalam kehidupan sehari- hari | Pembiasaan mengamalkan isikandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kausar (108) dalam kehidupan sehari- | - Membimbing penyesuaian mengamalkan isi kandunganQ.S. an-Nasr (110) dan al- Kausar (108) dalam kehidupan sehari-hari | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat | - | - |
hari | atan | |||||
3.1 Memahami arti dan isikandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al- Kausar (108)4.1 Menulis lafal Q.S. an- Nasr (110) dan al- Kausar (108) dengan benar | 3.1.1 Menunjukkan artimufradat Q.S. an-Nasr (110)3.1.2 Menunjukkan artimufradat Q.S. al- Kausar (108)3.1.3 MenerjemahkanQ.S. an-Nasr (110)3.1.4 Menerjemahkan Q.S. al-Kausar (108)3.1.5 Menjelaskan isikandungan Q.S. an- Nasr (110)3.1.6 Menjelaskan isi kandungan Q.S. al- Kausar (108)4.1.1 Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dengan benar4.1.2 Menulis lafal Q.S.al-Kausar (108)dengan benar | Surah an- Nasrdan al-Kausar | Mengamati- Mengamati gambar terkait isikandungan Surah an-Nasrdan al-Kausar- Menyimak bacaan dan mencermati aturan tajwid yang terdapat dalam Surah an-Nasr dan al-Kausar- Mencermati lafal, mufradat dan terjemah Surah an- Nasr dan al-Kausar- Membaca Surah an-Nasr danal-Kausar dengan memperhatikan makhraj dan aturan tajwidnya- Meyimak klarifikasi terkaitisi kandungan Surah an- Nasr dan al-Kausar melalui tayangan video atau media lainnya.Menanya- Menanyakan gambar terkaitSurah an-Nasr dan al-Kausar- Menanyakan cara membacaSurah an-Nasr dan al-Kausar- Menanyakan mufradat dan terjemah Surah an-Nasr dan al-Kausar- Mengajukan pertanyaanterkait aturan tajwid dan isi kandungan Surah an-Nasr dan al-Kausar | Tugas- MenghafalterjemahSurah an-Nasr dan al- Kausar- Membuat rangkuman isikandunganSurah An-Nasr dan al- Kausar- Membuat kaligrafi SurahAn-Nasr danal-KausarObservasi- Mengamati pelaksanaandiskusi dengan menggunakanlembar observasi- Mengamatisikap siswadalam mengkuti kegiatan pembelajaran- Mengamatisikap sahabat sejawatmelalui lembar | 4 TM(8 x35) | - Al-QuranTerjemahanKemenag RI,- Buku Pedoman Guru Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Penunjang lainnya yang sesuai- Media cetak dan elektronik yang sesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung |
Mengekplorasi- Menunjukkan arti mufradatSurah an-Nasr dan al-Kausar- Menerjemahkan Surah an- Nasr dan al-Kausar- Mengidentifikasi aturan tajwid yang terdapat dalamSurah an- Nasr dan al- Kausar- Mendiskusikan isi kandunganSurah an-Nasr dan al-Kausar- Menghafalkan lafal dan terjemah Surah an- Nasr dan al-Kausar- Guru kordinasi dengan orangtua untuk mengamati sikap siswa dalam pengamalan isi kandungan Surah an-Nas dan al-Kausar di rumah.Mengasosiasi- Menulis lafal Surah an-Nasrdan al-Kausar- Mengidentifikasi arti Surahan-Nasr dan al-Kausar- Membuat kesimpulan isikandungan Surah an-Nasrdan al-KausarMengkomunikasikan- Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah Surahan-Nasr dan al-Kausar- Mempresentasikan hasildiskusi ihwal isi | pengamatan.Kinerja- Mendemonstra sikan hafalanterjemaahSurah an-Nasrdan al-Kausar- Presentasi hasildiskusi ihwal isi kandungan Surah an-Nasr dan al-KausarPortofolio- Membuatlaporan hasildiskusi isi kandunganSurah An-Nasr dan al-Kausar- Membuat laporan perkembangan hafalan Surah an- Nasr dan al- Kausar- Membuat paparan identifikasi aturan tajwid yang ada pada Surah an- Nasr dan al-KausarTes tulis | |||||
kandungan Surah an- Nasrdan al-Kausar- Menanggapi hasil presentasi(melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).- Membuat resume materiajar. | - MenerjemahSurah an-Nasrdan al-Kausar- Menjawab soal- soal terkait terjemah,hukum tajwiddan isi kandunganSurah an- Nasrdan al-KausarTes lisan- Menyebutkan arti Surah an-Nasr dan al- Kausar | |||||
1.2 Menerima Q.S. al-‘adiyat (100) sebagaifirman Allah SWT. | Menunjukkan sikapmenerima pemikiran Q.S. al-‘adiyat (100) | Penerimaanajaran Q.S. al-‘qdiywt (100) | - Menanamkan sikapmenerima pemikiran Q.S. al-‘adiyat (100) | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
2.2 Terbiasa berperilakupositif sesuai denganajaran Q.S. al-‘adiyat (100) | Membiasakan perilakupositif sesuai denganajaran Q.S. al-‘adiyat(100) | Pembiasaanberperilaku positifsesuai dengan pemikiran Q.S. al-‘qdiywt (100) | - Membimbing pembiasaanberperilaku nyata sesuaidengan pemikiran Q.S. al-‘adiyat (100) | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
3.2 Mengenal Q.S. al-‘adiyat (100)4.2 Menghafalkan Q.S. al-‘adiyat (100) secara benar dan fasih | 3.2.1 Mengidentifikasilafal Q.S. al-‘adiyat (100)3.2.2 Menunjukkan jumlah ayat Q.S. al-‘adiyat (100)3.2.3 Menunjukkan urutan ayat Q.S al-‘adiyat (100)3.2.4 Menunjukkan aturan tajwid yang terdapat pada Q.S al-‘adiyat (100)3.2.5 Menganalisis cara membaca Q.S. al-‘adiyat (100)4.2.1 Membaca Q.S. al-‘Adiyat (100)4.2.2 Menghafalkan Q.S. al-‘Adiyat (100) | Surahal-‘qdiywt | Mengamati- Mengamati gambar terkaitSurah al-‘adiyat- Mencermati lafal Surah al-‘adiyat- Menyimak bacaan dan mengidentifikasi aturan tajwid yang terdapat dalam Surah al-‘adiyatMenanya- Menanyakan gambar terkaitSurah s al-‘adiyat- Guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kalian membaca al-Qur’an setiap hari? surat apa yang kalian baca tadi malam? Bagamana perasaan kalian ketika membaca al-Qur’an?- Menanyakan cara membacaSurah al-‘adiyat- Mengajukan pertanyaanterkait aturan tajwid yang terdapat pada Surah al-‘adiyatMengekplorasi- Menganalisis cara membacadan aturan tajwid yang terdapat pada Surah al-‘adiyat- Menulis lafal Surah al-‘adiyat- Menghafalkan Surah al-‘adiyat | Tugas- MenghafalSurah al-‘adiyatObservasi- Mengamatisikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran- Mengamatisikap sahabat sejawat melalui lembar pengamatanKinerja- Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan Surah al-‘adiyatPortofolio- Membuat laporanperkembangan hafalan Surahal-‘adiyat- Membuatpaparan identifikasi aturan bacaan | 2 TM(4 x35) | - Al-Qur’anTerjemahanKemenag RI- BukuPedoman Guru Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Penunjang lainnya yang relevan- Media cetak dan elektronik yang sesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung |
Mengasosiasi- Mencermati cara membacadan aturan tajwid yang terdapat pada Surah al-‘adiyat- Membuat kesimpulan caramembaca dan aturan tajwid yang terdapat dalam Surah al-‘adiyatMengkomunikasikan:- Mendemonstrasikan bacaandan hafalan Surah al-‘adiyat- Bertanya jawab tentanghukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-‘adiyat | tajwid yangada padaSurah al-‘adiyatTes tulis- Menjawabsoal-soalterkait suratal-‘adiyat.Tes lisan- Membaca danmenghafalSurah al-‘adiyat- Menjawabsoal-soalterkait lafaldan aturan tajwid yang terdapat pada Surah al-‘adiyat | |||||
1.3 Menyadari keutamaanmembaca Al-Qurandengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | 1.3.1 Menerimakeutamaanmembaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | Penyadarankeutamaanmembaca Al- Alquran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | - Membimbing penyadarankeutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
2.3 Membiasakanmembaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari | 2.3.1 Membiasakanmembaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari- hari | Pembiasaanmembaca Al- Alquran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari | - Membimbing pembiasaanmembaca Al-Quran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
3.3 Memahami hukumbacaan izhar danikhfa’4.3 Mendemonstrasikan aturan bacaan izhar dan ikhfa’ | 3.3.1 Menjelaskanpengertian izhar3.3.2 Menjelaskanpengertian ikhfa’3.3.3 Menyebutkan hurufizhar3.3.4 Menyebutkan hurufikhfa’3.3.5 Menjelaskan caramembaca izhar3.3.6 Menjelaskan caramembaca ikhfa’3.3.7 Mengidentifikasicontoh aturan bacaan izhar3.3.8 Mengidentifikasi contoh hukumbacaan ikhfa’4.3.1 Mendemonstrasikan cara membaca izhar4.3.2 Mendemonstrasikan cara membaca ikhfa’ | Hukum bacaanizhar dan ikhfa’ | Mengamati- Mengamati teks surat pilihan terkait aturan bacaan izhardan ikhfa’- Menyimak pelafalan contohbacaan izhar dan ikhfa’Menanya- Menanyakan teks suratpilihan terkait aturan bacaanizhar dan ikhfa’- Menanyakan cara membacaizhar dan ikhfa’- Mengajukan pertanyaan terkait aturan bacaan izhar dan ikhfa’Mengekplorasi- Mengidentifikasi danmembaca lafal yang terdapat aturan bacaan izhar dan ikhfa’Mengasosiasi- Mencermati contoh dan caramembaca aturan bacaanizhar dan ikhfa’ | Tugas- MembacaSurah al-Ghasiyah dan al- Insyirah dengan memakai kaidah ilmu tajwid yang benar- Mencari danmenulis lafal- lafal yang terdapat bacaan izhardan ikhfa’pada Surah al- Bayyinah pada form yang tersediaObservasi- Mengamatipenerapan bacaan yang terdapat hukum | 2 TM(4 x35) | - Al-Qur’anTerjemahanKemenag RI- Buku Pedoman Guru Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Qawaidut- Tajwid- Buku penunjang lainnya yang sesuai- Media cetak danelektronik yang sesuai materi |
- Menulis lafal yang terdapatbacaan izhar dan ikhfa’- Membuat kesimpulan hukumbacaan izhar dan ikhfa’Mengkomunikasikan- Mendemonstrasikan bacaanizhar dan ikhfa’- Menceritakan hasilpengamatan lafal terkait aturan bacaan izhar dan ikhfa’- Menulis lafal dan alasanhukum bacaan izhar yang terdapat pada Q.S. al- Ghasiyah 1-10 dan bacaan ikhfa’ yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah- Membuat resume materiajar | bacaan izhardan ikhfa’ dengan menggunaka n lembar observasi- Mengamatisikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaranKinerja- Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat aturan bacaan izhar dan ikhfa’- Presentasihasil diskusi ihwal aturan bacaan izhar dan ikhfa’Portofolio- Menulis lafal- lafal yangterdapat aturan bacaanizhar danikhfa’Tes tulis- Menjawab | - Lingkungansekitar yang mendukung | ||||
soal-soalterkait aturan bacaan izhar dan ikhfa’Tes lisan- Membaca lafalyang terdapat aturan bacaan izhar dan ikhfa’ | ||||||
1.4 Meyakini bahwa niatmenentukan baik dan tidaknya sebuah amal perbuatan | 1.4.1 Menyadari bahwaniat memilih baik dan tidaknya sebuah amal perbuatan. | Keyakinan bahwaniat memilih baik dan tidaknya sebuah amal perbuatan | - Menanamkan keyakinanbahwa niat memilih baik dan tidaknya sebuah amal perbuatan | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
2.4 Terbiasa memilikiniat dan tujuan nyata sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal niat | 2.4.1 Membiasakanmemiliki niat dan tujuan nyata sebagai implemen- tasi dari pemahaman hadis ihwal niat. | Pembiasaanmemiliki niat dan tujuan nyata sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal niat | - Membimbing pembiasaanmemiliki niat dan tujuan nyata sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal niat | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Cat atan | - | - |
3.4 Memahami arti dan isikandungan hadis ihwal niat riwayat al-Bukhari dari Umar bin Khattab(….تاينلاب لامعلأاامنإ)4.4 Menghafalkan hadis ihwal niat riwayat al- Bukhari dari Umar bin Khattab(….تاينلاب لامعلأاامنإ) | 3.4.1 Menunjukkan artimufradat hadis ihwal niat3.4.2 Menerjemahkanhadis ihwal niat3.4.3 Menjelaskan pengertian niat3.4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis ihwal niat4.4.1 Membaca hadis ihwal niat4.4.2 Menulis hadis ihwal niat4.4.3 Menghafalkan hadis ihwal niat | Hadis tentangNiat | Mengamati- Mengamati gambar terkait hadis ihwal niat- Menyimak bacaan hadis ihwal niat- Mencermati lafal, mufradat dan terjemah hadis tentangniat- Meyimak klarifikasi terkaitisi kandungan hadis ihwal niat melalui tayangan video atau media lainnya.Menanya- Menanyakan gambar terkaithadis ihwal niat- Guru mengajukan pertanyaanmisalnya: Sudahkah kau berniat ketika hendak melaksanakan suatu kegiatan?- Menanyakan cara membacahadis ihwal niat- Saling bertanya jawabmufradat dan terjemah hadis ihwal niat- Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadistentang niatMengekplorasi- Menerjemahkan hadistentang niat- Menghafalkan lafal danterjemah hadis ihwal niat- Mengidentifikasi isikandungan hadis tentang | Tugas- Menulis hadis ihwal niat- Menghafal hadis tentangniat dan terjemahnyaObservasi- Mengamati pelaksanaanhafalan denganmenggunaka n lembarobservasi- Mengamatisikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaranKinerja- Mendemonstrasikan bacaan hadis ihwal niat- Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis ihwal niat- Menjelaskanisi kandungan | 2 TM(4 x35) | - Al-Qur’anTerjemahan Kemenag RI dan Kitab Hadis- BukuPedoman Guru Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku penunjang lainnya yang sesuai- Media cetak dan elektronik yang sesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung |
niat.- Guru kordinasi dengan orang bau tanah untuk mengamati sikap siswa dalam pengamalan isi kandungan hadis ihwal niat di rumah.Mengasosiasi- Menulis hadis ihwal niat.- Mengidentifikasi arti hadis ihwal niat.- Membuat kesimpulan isi kandungan hadis ihwal niat.Mengkomunikasikan:- Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadistentang niat.- Mempresentasikan hasildiskusi ihwal isi kandungan hadis ihwal niat.- Menanggapi hasil presentasi(melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).- Membuat resume materiajar | hadis tentangniatPortofolio- Membuat laporankesimpulan isi kandungan hadis ihwal niatTes tulis- Menyalin lafal hadis tentangniat- Menerjemahhadis ihwal niat- Menjawab soal-soalterkait hadis ihwal niatTes lisan- Membaca, menghafal danmenyebutkan arti hadistentang niat | |||||
1.5 Menyadari bahwa taqwaadalah kuncikebahagiaan | 1.5.1 Menerima bahwataqwa yaitu kuncikebahagiaan | Penyadaranbahwa taqwaadalah kunci kebahagiaan | - Menanamkan kesadaranbahwa taqwa yaitu kuncikebahagiaan | - PenilaianDiri- PenilaianTeman | ||
- Observasi- Jurnal/Catata n | ||||||
2.5 Membiasakan perilakutakwa dalam kehidupansehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal takwa | 2.5.1 Membiasakanperilaku takwadalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal takwa | Pembiasaanperilaku takwadalam kehidupan sehari-harisebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal takwa | - Membimbing pembiasaanperilaku takwa dalamkehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal takwa | - PenilaianDiri- PenilaianTeman- Observasi- Jurnal/Catata n | - | - |
3.5 Memahami arti dan isikandungan hadistentang takwa riwayatat-Tirmizi dari Abu Zar(….تنك امثيح للّا قتا)4.5 Menghafalkan hadis ihwal takwa riwayat at- Tirmizi dari Abu Zar(….تنك امثيح للّا قتا) | 3.5.1 Menunjukkan artimufradat hadis ihwal takwa3.5.2 Menerjemahkan hadis ihwal takwa3.5.3 Menjelaskaan pengertian takwa3.5.4 Menjelaskan isikandungan hadis ihwal takwa4.5.1 Membaca hadis ihwal takwa4.5.2 Menulis hadis ihwal takwa4.5.3 Menghafalkan hadis ihwal takwa | Hadis tentangtakwa | Mengamati- Mengamati gambar terkaithadis ihwal takwa- Menyimak pelafalan hadistentang takwa- Mencermati teks bacaan,mufradat dan terjemah hadis ihwal takwa- Meyimak klarifikasi terkait isi kandungan hadis tentangtakwa melalui tayangan video atau media lainnya.Menanya- Menanyakan gambar terkait hadis ihwal takwa- Menanyakan cara membaca hadis ihwal takwa- Saling bertanya jawab mufradat dan terjemah hadistentang takwa- Mengajukan pertanyaanterkait kandungan hadis ihwal takwa | Tugas- Menulis hadistentang takwa- Menghafalhadis ihwal takwa dan terjemahnyaObservasi- Mengamatipelaksanaan hafalan dengan menggunaka n lembar observasi- Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran- Mengamati sikap teman | 2 TM(4 x35) | - Al-QuranTerjemahan danKitab Hadis- Buku Pedoman Guru Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel al- Qur’an Hadis MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai- Media cetak dan elektronik yang |
Mengekplorasi- Menerjemahkan hadistentang takwa- Mendiskusikan isikandungan hadis ihwal takwa- Mengidentifikasi isi kandungan hadis ihwal takwa- Menghafalkan lafal danterjemah hadis ihwal takwaMengasosiasi- Menulis hadis ihwal takwa- Membuat kesimpulan isi kandungan hadis ihwal takwaMengkomunikasikan:- Mendemonstrasikan bacaan,hafalan dan terjemah hadis ihwal takwa- Mempresentasikan hasil diskusi ihwal isikandungan hadis ihwal takwa- Menanggapi hasil presentasi(melengkapi,mengkonfirmasi, dan menyanggah).- Membuat resume bahan ajar | sejawatmelalui lembar pengamatanKinerja- Mendemonstrasikan bacaan hadis ihwal takwa- Mendemonstrasikan hafalan dan terjemah hadis ihwal takwa- Menjelaskanisi kandungan hadis ihwal takwaPortofolio- Menulis hadistentang takwa- Membuatkesimpulan isi kandungan hadis ihwal takwaTes tulis- Menyalin lafalhadis ihwal takwa- Menerjemah | sesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung | ||||
hadis tentangtakwa- Menjawabsoal-soal terkait lafal, terjemah, dan isi kandungan hadis ihwal takwaTes lisan- Membaca,menghafal dan menawarkan arti hadis ihwal takwa | ||||||
Kompetensi Dasar | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | ||||
1.1 Menghayati arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) | 1.1.1 Menerima pemikiran yang terkandungdalam Q.S. al- Lahab (111) | - Membimbing penghayatan pemikiran yang terkandungdalam Q.S. al-Lahab (111) | ||||
2.1 Terbiasa mengamalkanisi kandungan Q.S. al- Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari | 2.1.1 Membiasakanpengamalan isi kandungan Q.S. al- Lahab (111) dalam kehidupan sehari- hari | - Membimbing pembiasaanmengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dalam kehidupan sehari-hari | ||||
3.1 Memahami arti dan isikandungan Q.S. al- Lahab (111) | 3.1.1 Menunjukkan artimufradat Q.S. al- Lahab (111) | Mengamati- Mengamati gambar terkait isi kandungan Surah al-Lahab | ||||
4.1 Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar | 3.1.2 MenerjemahkanQ.S. al-Lahab(111)3.1.3 Menjelaskan isi kandungan Q.S..al-Lahab (111)4.1.1 Menulis Q.S. al- Lahab (111) | - Menyimak bacaan danmencermati aturan tajwid yang terdapat pada Surah al- Lahab- Mencermati teks bacaan,mufradat dan terjemahSurah al-Lahab- Membaca Surah al-Lahab dengan memperhatikan makhraj dan aturan tajwidnya- Meyimak klarifikasi terkait isi kandungan Surah al- Lahab.Menanya- Menanyakan gambar terkaitisi kandungan Surah al- Lahab- Menanyakan cara membacaSurah al-Lahab- Menanyakan mufradat dan terjemah Surah al-Lahab- Mengajukan pertanyaan terkait aturan tajwid dan isikandungan Surah al-LahabMengekplorasi- Menunjukkan arti mufradatsurah al-Lahab.- Menerjemahkan Surah al-Lahab- Mendiskusikan hukumtajwid yang terdapat dalamSurah al-Lahab- Mendiskusikan isi kandungan | ||||
Surah al-Lahab- Menghafalkan lafal dan terjemah Surah al-Lahab- Guru kordinasi dengan orang bau tanah untuk mengamatiperilaku siswa dalam pengamalan isi kandunganSurah al-Lahab di rumah.Mengasosiasi- Menulis Surah al-Lahab- Mengidentifikasi aturan tajwid yang terdapat dalam Surah al-Lahab- Mengidentifikasi arti Surahal-Lahab- Membuat kesimpulan isikandungan Surah al-LahabMengkomunikasikan:- Mendemonstrasikan bacaan,hafalan dan terjemah Surahal-Lahab- Mempresentasikan hasil diskusi ihwal isi kandungan Surah al-Lahab- Menanggapi hasil presentasi(melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).- Membuat resumepembelajaran di bawah bimbingan guru. | ||||||
1.2 Menerima Q.S. al-Insyirah (094) sebagaifirman Allah SWT. | 1.2.1 Menunjukkansikap menerimaQ.S. al-Insyirah | - Menanamkan sikapmenerima pemikiran yangterkandung dalam Q.S. al- | ||||
(094) sebagaifirman Allah SWT. | Insyirah (094) sebagai firmanAllah SWT. | |||||
2.2 Terbiasa berperilakupositif sesuai denganQ.S. al-Insyirah (094) | 2.2.1 Membiasakanperilaku positifsesuai dengan Q.S.al-Insyirah (094) | - Membimbing pembiasaanberperilaku nyata sesuaidengan pemikiran Q.S. al- Insyirah (094) | ||||
3.2 Mengenal Q.S. al-Insyirah (094)4.2 Menghafalkan Q.S. al- Insyirah (094) secara benar dan fasih | 3.2.1 Mengidentifikassilafal Q.S. al- Insyirah (094)3.2.2 Menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Insyirah (094)3.2.3 Menunjukkan urutan ayat Q.S. al-Insyirah (094)3.2.4 Menganalisishukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah (094)3.2.4 Menunjukkan aturan tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirah (094)3.2.5 Menunjukkan cara membaca Q.S. al- Insyirah (094)4.2.1 Menghafal Q.S. al- Insyirah (094) | Mengamati- Mencermati lafal Surah al- Insyirah- Menyimak bacaan Surah al- Insyirah- Membaca Surah al-Insyirahdengan memperhatikanmakhraj dan aturan tajwidnyaMenanya- Guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kalianbisa membaca dan menghafalSurah al-Insyirah?- Menanyakan cara membacaSurah al-Insyirah- Mengajukan pertanyaan terkait aturan tajwid yang terdapat pada Surah al- InsyirahMengekplorasi- Mengidentifikasi aturan tajwid yang terdapat padaSurah al-Insyirah | ||||
- Menghafalkan Surah al-InsyirahMengasosiasi- Menulis lafal Surah al-Insyirah- Membuat kesimpulan caramembaca dan aturan tajwid yang terdapat dalam Surah al-‘ InsyirahMengkomunikasikan- Mendemonstrasikan hafalanSurah al-Insyirah- Bertanya jawab tentanghukum tajwid yang terdapat dalam Surah al-Insyirah | ||||||
1.3 Menyadari keutamaanmembaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | 1.3.1 Merenungkankeutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | - Menanamkan kesadaranakan keutamaan membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid | ||||
2.3 Terbiasa membaca Al-Quran dengan baik danbenar dalam kehidupan sehari-hari | 2.3.1 Membiasakanmembaca Al-Qurandengan baik dan benar dalam kehidupan sehari- hari | - Membimbing pembiasaanmembaca Al-Quran denganbaik dan benar dalam kehidupan sehari-hari | ||||
3.3 Memahami hukumbacaan idgambigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab | 3.3.1 Menjelaskanpengertian idgambigunnah,3.3.2 Menjelaskan | Mengamati- Mengamati lafal yangterdapat aturan bacaanidgam dan iqlab | ||||
4.3 Mendemonstrasikan aturan bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab | pengertianidgam bilagunnah3.3.3 Menjelaskan pengertian iqlab3.3.4 Menyebutkan karakter idgambigunnah3.3.5 Menyebutkanhuruf idgam bilagunnah3.3.6 Menyebutkan karakter iqlab3.3.7 Menjelaskan cara membaca idgambigunnah3.3.8 Menjelaskan caramembaca idgam bilagunnah3.3.9 Menjelaskan cara membaca iqlab3.3.10 Menunjukkan contoh aturan bacaan idgam bigunnah3.3.11 Menunjukkan contoh aturan bacaan idgam bilagunnah3.3.12 Menunjukkan contoh aturan bacaan iqlab4.3.1 Mendemons- trasikan cara membaca idgam | - Menyimak pelafalan contohbacaan idgam dan iqlab- Meyimak klarifikasi terkaithukum bacaan idgam dan iqlab melalui tayangan video atau media lainnyaMenanya- Menanyakan cara membacaidgam dan iqlab- Mengajukan pertanyaanterkait aturan bacaan idgamdan iqlabMengekplorasi- Membaca lafal yang terdapathukum bacaan idgam daniqlabMengasosiasi- Mengidentifikasi lafal dan cara membaca aturan bacaanidgam dan iqlab- Menulis lafal yang terdapatbacaan idgam dan iqlab- Membuat kesimpulan hukumbacaan idgam dan iqlabMengkomunikasikan- Mendemonstrasikan bacaanidgam dan iqlab- Menulis lafal dan alasanhukum bacaan idgam dan iqlab yang terdapat pada al- Balad | ||||
bigunnah4.3.2 Mendemons- trasikan cara membaca idgam bilagunnah4.3.3 Mendemons- trasikan cara membaca iqlab | - Membuat resumepembelajaran di bawah bimbingan guru. | |||||
1.4 Menyadari bahwasilaturrahim yaitu perbuatan yang dicintai Allah Swt. | 1.4.1 Menerima bahwasilaturrahim yaitu perbuatan yang dicintai Allah Swt. | Menanamkan kesadaranbahwa silaturrahim yaitu perbuatan yang dicintai Allah Swt. | ||||
2.4 Membiasakan perilakugemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal silaturrahim | 2.4.1 Membiasakanperilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentangsilaturrahim | Membimbing pembiasaanperilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis ihwal silaturrahim | ||||
3.4 Memahami arti dan isikandungan hadis ihwal silaturrahim riwayat Bukhari Muslim dari Anasىف هل طسبي نا بحا نم) | 3.4.1 Mengidentifikasilafal hadis ihwal silaturrahim3.4.2 Menunjukkan arti | Mengamati- Mengamati gambar terkait isi kandungan hadis tentangsilaturrahim- Menyimak pelafalan hadistentang silaturrahim | ||||
(….هقزر4.4 Menghafalkan hadis ihwal silaturrahim riwayat Bukhari Muslim dari Anasىف هل طسبي نا بحا نم)(….هقزر | mufradat hadistentang silaturrahim3.4.3 Menerjemahkanhadis ihwal silaturrahim3.4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis ihwal silaturrahim3.4.5 Menjelaskan pesan yang tersirat silaturrahim4.4.1. Menghafalkan hadis ihwal silaturrahim | - Mencermati lafal, mufradatdan terjemah hadis ihwal silaturrahimMenanya- Menanyakan gambar terkaitisi kandungan hadis ihwal silaturrahim- Menanyakan cara membaca hadis ihwal silaturrahim- Menanyakan mufradat dan terjemah hadis tentangsilaturrahim- Mengajukan pertanyaanterkait isi kandungan hadis ihwal silaturrahimMengekplorasi- Menerjemahkan hadis ihwal silaturrahim- Membaca dan menghafalkan lafal dan terjemah hadis ihwal silaturrahim- Mendiskusikan ihwal isi kandungan hadis ihwal silaturrahimMengasosiasi- Menulis hadis tentangsilaturrahim- Mengidentifikasi arti dan isikandungan hadis ihwal silaturrahim- Membuat kesimpulan isi | ||||
kandungan hadis tentangsilaturrahimMengkomunikasikan- Mendemonstrasikan bacaan,hafalan dan terjemah hadis ihwal silaturrahim- Mempresentasikan hasil diskusi ihwal isi kandungan hadis ihwal silaturrahim- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).- Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru. |
Demikian goresan pena ihwal
0 Response to "Download Silabus Mapel Al-Qur'an Hadis Mi Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil Dan 2-Genap"
Posting Komentar