Soal-Jawab Siap Uts/Pts Semester 2 Ips Smp/Mts Kelas 8 K13

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013







UTS/PTS Semester 2 SMP/MTs Kelas 8 merupakan komponen evaluasi yang sangat penting lantaran ia memilih kenaikan akseptor didik ke kelas yang lebih tinggi. Dengan demikian, UTS/PTS Semester 2 ini sudah semestinya dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Tulisan ini bermaksud membantu para siswa SMP/MTs kelas delapan (8/VIII) dalam menghadapi UTS/PTS Semester 2 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menyediakan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013.

Pendekatan kurikulum yang digunakan dalam menciptakan soal ialah kurikulum 2013 dengan mengacu pada tumpuan atau buku teladan termutakhir, yaitu buku IPS Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Materi yang disajikan untuk mapel IPS Semester 2 ini terdiri atas dua bab, yaitu Bab III dan Bab IV. Berikut ialah daftar isi materinya:

BAB III
KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG
PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL,
BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN .................................................... 135
A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi
dalam Suatu Perekonomian ......................................................................... 137
1. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan,
Penawaran, dan Teknologi ...................................................................... 137
2. Pengertian Pelaku Ekonomi .................................................................... 142
3. Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian ......................................... 145
B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan
Internasional................................................................................................. 155
1. Perdagangan dan Perdagangan Antardaerah/Antarpulau ....................... 156
2. Perdagangan Antarnegara ....................................................................... 159
C. Penguatan Ekonomi dan Agrikultur di Indonesia ........................................ 166
1. Penguatan Ekonomi Maritim .................................................................. 166
2. Penguatan Agrikultur di Indonesia ......................................................... 175
3. Strategi Pengembangan Agrikultur di Indonesia .................................... 179

D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional .................... 181
1. Pengertian Redistribusi Pendapatan ....................................................... 183
2. Program Redistribusi untuk Pemerataan Distribusi Pendapatan di Indonesia............................................... 184
3. Beberapa Alternatif Praktik Redistribusi Pendapatan di Indonesia ....... 186

Tugas Projek .................................................................................................... 188
Rangkuman ...................................................................................................... 189
Uji Kompetensi ................................................................................................ 189
Refleksi ............................................................................................................. 192

BAB IV
PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA
PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN ...... 193
A. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia ......................................... 195
1. Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ........................................... 196
2. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia .................................... 201
B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan................................ 204
1. Pengaruh Monopoli dalam Perdagangan ................................................ 204
2. Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa ......................................................... 208
3. Pengaruh Sistem Sewa Tanah ............................................................... 212
4. Pengaruh Sistem Tanam Paksa .............................................................. 214
5. Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme .......................... 217
C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan ................................ 232
1. Latar Belakang Munculnya Nasionalisme Indonesia ............................. 234
2. Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia............................................. 240
3. Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang ............................ 247
4. Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan ...................... 258
Rangkuman ...................................................................................................... 271
Uji Kompetensi ................................................................................................ 272
Refleksi ............................................................................................................ 274

Karena terdiri atas dua bab, maka materi yang diujikan hingga dengan pertengahan semester ialah hanya satu potongan saja, yaitu Bab III.

Berikut ialah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013:




Berikut ialah kutipan dari soal dan sekilas materi:



16. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat dari perdagangan antardaerah atau antarpulau adalah
A. Menyediakan alternative alat pemuas kebutuhan bagi konsumen
B. Meningkatkan produktivitas
C. Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat
D. Meningkatkan pemerataan jumlah penduduk
17. Berikut ini yang bukan merupakan pihak yang terlibat dalam perdagangan internasional
A. Individu
B. Kelompok
C. Pemerintah
D. Partai politik
18. Berikut ini ialah pengertian devisa negara
A. Mata uang abnormal yang dikumpulkan oleh pemerintah
B. Mata uang abnormal yang beredar di pasar internasional
C. Mata uang dalam negeri yang beredar di luar negeri
D. Mata uang dalam negeri yang ditukarkan dengan mata uang luar negeri
19. Jika nilai impor lebih tinggi daripada nilai ekspor, maka hal itu dianggap ….. bagi Negara
A. Merugikan
B. Menguntungkan
C. Surplus
D. Bangkrut
20. Jika barang yang diproduksi dalam negeri dengan memakai komponen produksi local yang bukan merupakan materi impor, maka dengan melemahnya nilai tukar dalam negeri, hal tersebut dianggap …….. bagi eksportir.
A. Merugikan
B. Menguntungkan
C. Defisit
D. Bangkrut
21. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong ekspor
A. Keadaan pasar dalam negeri
B. Keadaan pasar luar negeri
C. Keuletan eksportir dalam menangkap peluang usaha
D. Kondisi social, politik, dan ekonomi suatu negara
22. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan maritim yang begitu besar. Pemaksimalan potensi maritim sanggup dilakukan dengan . . . .
A. memanfaatkan sumber daya maritim secara massal dengan banyak sekali cara
B. menawarkan training kepada masyarakat ihwal cara-cara memanfaatkan sumber daya maritim dengan cara yang bijaksana
C. menjual sumber daya maritim pada pihak abnormal lantaran mereka mempunyai alat yang lebih canggih
D. membiarkan saja supaya sumber daya tersebut sanggup berkembang dan terus berkembang
23. Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia ialah . . . .
A. mengenalkan batas-batas maritim Indonesia kepada nelayan
B. meningkatkan kualitas SDM oleh pemerintah
C. menawarkan kebebasan kepada kapal abnormal
D. memberi proteksi untuk nelayan miskin
24. Redistribusi pendapatan dilakukan sebagai salah satu bentuk berupa . . . .
A. jaminan sosial yang dilakukan negara kepada masyarakat
B. pembagian pendapatan nasional
C. pengalokasian pajak kepada penduduk miskin
D. pemberian subsidi kepada seluruh masyarakat
25. Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan kelautan ialah . . . .
A. pertumbuhan ekonomi tinggi secara berkelanjutan
B. menjadikan maritim satu-satunya sumber pendapatan nasional
C. terpeliharanya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan
D. menjadikan maritim sebagai pemersatu dan tegaknya kedaulatan bangsa



Sekilas Materi



Bangsa Indonesia harus selalu bersyukur dikarenakan telah dikaruniai oleh Tuhan sumber daya yang cukup banyak dan bermacam-macam di setiap daerah. Akan tetapi, tidak ada kawasan yang sanggup memenuhi semua kebutuhannya dari wilayahnya sendiri.

Sering kali, produk-produk tertentu didatangkan dari kawasan lain. Hal itu disebabkan
keragaman sumber daya antardaerah. Ada kawasan yang kelebihan produk tertentu, ada juga kawasan yang kekurangan. Hal ini akan menjadikan terjadinya usul dan penawaran akan suatu barang tertentu tergantung pada kebutuhan masing-masing daerahnya. Dengan demikian, terjadilah perdagangan antardaerah dan antarpulau di Indonesia. Aktivitas perdagangan akan terjadi kalau ada produk yang diperdagangkan.

Untuk menghasilkan produk perlu dilakukan aktivitas produksi, yang merupakan salah satu aktivitas ekonomi. Kegiatan ekonomi akan berjalan kalau ada pelaku-pelaku yang menjalankan aktivitas ekonomi, yang mencakup rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri. Selain itu, aktivitas ekonomi akan terjadi kalau didukung teknologi yang memadai. Dengan teknologi yang memadai, hasil produksi akan meningkat, yang berdampak pada timbulnya penawaran. Dengan demikian, perbedaan teknologi yang dimiliki oleh suatu kawasan akan menjadikan keunggulan dan keterbatasan suatu kawasan akan suatu produk. Dengan keunggulan
dan keterbatasan suatu kawasan yang disebabkan lantaran potensi kawasan akan timbul usul dan penawaran serta perdagangan.

Untuk pengembangan perdagangan dibutuhkan penguatan produk unggulan dari suatu kawasan atau negara, menyerupai penguatan ekonomi maritim dan agrikultur untuk Indonesia. Pengembangan di dua sektor tersebut akan meningkatkan pendapatan nasional. Pendapatan yang diperoleh suatu negara akan didistribusikan kembali untuk kepentingan masyarakat baik di bidang ekonomi, sosial, maupun budaya, yang pada kesudahannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 Kelas VIII SMP/MTs
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari uraian materi pada potongan ini, kalian diharapkan mampu:
a. Menjelaskan keunggulan dan keterbatasan antarruang serta tugas pelaku
ekonomi dalam suatu perekonomian.
b. Mendiskripsikan perdagangan antarpulau.
c. Mendiskripsikan perdagangan antarnegara.
d. Menganalisis model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur.
e. Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan.
Pada Bab 2, kalian telah mempelajari ihwal dampak interaksi sosial dalam
ruang terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan,
yang mencakup mobilitas sosial, konflik dan integrasi, serta pluralisme. Pada potongan ini,
kalian akan mempelajari ihwal keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam
permintaan, penawaran, teknologi, dan pelaku ekonomi dan pengaruhnya terhadap
interaksi antarruang bagi aktivitas ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan ASEAN.
Uraian materi pada potongan ini mencakup keunggulan dan keterbatasan antarruang, tugas
pelaku ekonomi, perdagangan antarpulau dan perdagangan antarnegara, peningkatan
ekonomi maritim dan agrikultur, serta pendistribusian kembali pendapatan nasional.
Untuk memahami materi tersebut, ikuti uraian materi berikut.
A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang
serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu
Perekonomian
1. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan,
Penawaran, dan Teknologi
Di Kelas VII, kalian telah mempelajari ihwal kebutuhan manusia. Kalian tentu
memahami bahwa kebutuhan insan itu bermacam-macam dan selalu bertambah
baik jumlah maupun kualitasnya. Coba kalian hitung berapa macam jumlah barang
yang kalian gunakan setiap hari? Kalian mungkin akan terkejut bahwa dalam satu hari
Ilmu Pengetahuan Sosial 137
kalian memakai puluhan barang untuk dikonsumsi. Tentunya barang yang kalian
konsumsi berbeda dengan barang yang dikonsumsi orang lain. Hal itu menunjukkan
kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap insan berbeda-beda dan beraneka
macam. Namun, perlu kalian ketahui bahwa faktor ruang akan memilih tindakan
seseorang sebagai konsumen. Masyarakat kota mempunyai sikap konsumsi yang
berbeda kalau dibandingkan dengan masyarakat desa, pegunungan ataupun masyarakat
pesisir pantai. Demikian pula tindakan atau perilakunya dalam mengalokasikan
sumber daya yang ada. Dilihat dari fungsinya sebagai konsumen, masyarakat
kota lebih banyak membeli barang dan jasa lantaran ditunjang pendapatan yang
tinggi dan munculnya pasar-pasar modern, menyerupai supermarket dan hypermarket.
Berbeda dengan sikap masyarakat di kawasan perdesaan atau pegunungan, yang
pendapatannya rendah, saluran jalannya kurang baik yang menciptakan pendistribusian
barang atau jasa menjadi kurang lancar. Akibatnya, masyarakat desa atau pegunungan
lebih sedikit membeli barang dan jasa.
Barang dan jasa yang dibutuhkan insan sebagian besar dihasilkan oleh
manusia, dan hanya sebagian kecil yang disediakan pribadi oleh alam. Oleh karena
itu, insan harus melaksanakan aktivitas untuk menghasilkan barang dan jasa yang
biasa disebut dengan istilah produksi. Produksi merupakan salah satu dari kegiatan
ekonomi, yang sudah kalian pelajari di Kelas VII.
Di Kelas VII, kalian juga telah mempelajari ihwal konsep ruang dan interaksi
antarruang. Salah satu yang menjadi alasan adanya interaksi antarruang adalah
perbedaan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki. Sumber daya alam
mempunyai fungsi dan tugas penting dalam kehidupan manusia. Manusia hidup
dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Tanpa tersedianya
banyak sekali macam sumber daya alam di bumi ini, insan akan kesulitan memenuhi
kebutuhannya sehari-hari.
Sebagai negara tropis yang mempunyai ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia
mempunyai kekayaan alam yang cukup banyak. Di daratan, suhu dan curah hujan
yang tinggi memungkinkan penduduknya menanam banyak sekali macam barang
pertanian dan perkebunan. Curah hujan yang tinggi juga menjamin tersedianya air
untuk kepentingan budidaya perikanan darat. Indonesia juga mempunyai maritim yang luas
dan garis pantai yang sangat panjang. Potensi ikan di Indonesia cukup banyak. Di
samping itu, ditemukan pula banyak sekali jenis materi tambang di dasar laut. Di sepanjang
pesisir juga terdapat kekayaan alam berupa terumbu karang, rumput laut, dan tentu
saja keindahan alam yang sanggup dikembangkan untuk kepentingan pariwisata.
Indonesia mempunyai terumbu karang terluas di dunia. Terumbu karang Indonesia tidak
hanya luas, tetapi juga beraneka ragam dalam hal sumber daya hayatinya.



Demikian goresan pena ihwal

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Soal-Jawab Siap Uts/Pts Semester 2 Ips Smp/Mts Kelas 8 K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel