Contoh Soal Siap Uas/Pas/Ukk Semester 2 Smp-Mts Kelas 8 Pjok K13

 Revisi ini dihadirkan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi sarana berguru bagi para pese Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 PJOK K13

Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi







Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi ini dihadirkan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi sarana berguru bagi para penerima didik kelas 8 SMP-MTs yang akan menempuh ulangan/penilaian selesai semester 2/II (UAS/PAS). Ulangan atau ujian semacam ini juga dikenal dengan nama ulangan kenaikan kelas atau UKK. Mapel yang disajikan pada halaman ini ialah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK/Penjasorkes).

Signifikansi atau pentingya UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 ini sudah sangat jelas. Ia menjadi penentu yang sangat penting terkait naik atau tidaknya siswa yang bersangkutan ke kelas berikutnya. Mengingat bahwa ia merupakan instrumen yang sangat penting dalam menentukan kenaikan kelas, maka mempersiapkannya dengan baik ialah hal yang tentu saja tidak sanggup diperdebatkan. Persiapan yang diharapkan tentu saja ialah berguru serajin mungkin.

Belajar dengan memakai contoh soal sanggup membantu para penerima didik dalam memetakan bahan belajar. Disamping itu, ia sanggup pula membantu siswa dalam mengasah pemahaman berguru siswa. Soal yang baik tentu saja ialah soal yang memenuhi kriteria keabsahan sebagai contoh soal. Salah satu kriteria dari keabsahan atau validitas ialah bahwa soal tersebut memang pernah secara nyata diujikan pada periode atau waktu sebelumnya. Validitas semacam ini disebut dengan validitas empirik.

Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 yang disajikan pada laman ini memakai pendekatan kurikulum 2013 yang telah direvisi. Pola Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 PJOK K13 ialah pilihan ganda, isian, dan uraian.

Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi


Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi

CONTOH SOAL SIAP UKK/UAS/PAS SMP-MTS KELAS 8 UNTUK MAPEL LAINNYA


Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 PJOK K13 tersebut:



1. Posisi pergelangan kaki yang benarr dikala mengumpan atau menendang bola dengan punggung kaki ialah ....
A diputar keluar . B. ditekuk ke bawah
C. diputar ke dalam
D. ditekuk ke atas

2. Bentuk gerakan kaki yang benar dikala rnenggiring bola denqan kaki baqian luar ialah ....
A mendorong bola
B. memukul bola
C. memutar bola
D. memotong bola

3. Posisi telapak kakl yang benar dikala rnenahan bola de rig an telapak kaki ialah ....
A menghadap arah tiba bola
B menyamping arah tiba bola
C. membelakangi arah tiba bola
D. rnenyilang arah datanq bola

4. Teknik passing atas pada permainan bola voli sanggup dilakukan apabila datangnya bola ....
A. setinggi di atas lutut
B. setinggi di atas paha
C. setinggi di atas dada
D. setinggi di bantalan kepala

5. Posisi lengan yang benar pada dikala melaksanakan passing bawah bola voli ialah
A. rapat dan lurus
B. rapat dan ditekuk
C. dibuka dan lurus
D. disilangkan dan lurus

6. Perkenaan telapak tanqan pada bola yang benar pad a dikala servis bantalan bola voli ialah ....
A. baqian bawah bola
B. cuilan bantalan bola
C. baqian samping bola
D. cuilan depan bola

7. Gerakan lutut dan pinggul dikala melaksanakan tembakan (shooting) satu tanqan dalam bola basket adalah
A. berputar .
8. menyilang
C. turun
D. naik

8. Akhirgerakan lenqan sesudah melaksanakan tembakan (shooting) satu tangan dalam bola basket ialah ....
A. ditekuk rileks
B. lurus rileks
C. lurus ditegangkan
D. lurusdisilangkan
.
9. Persiapan yang benar dikala melakuknn tembakan dua tangan dalam permainan bola basket ialah ....
A. bangun kedua kaki dibuka seleber bahu, kedua lengari rnerneqanq bola diatas kepala, pandangan ke depan atas (arah tembakan)
B. bangun kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lengan rnsmeqanq bola di depan badan, pandar.gan ke depan atas (arati tembakan)
C. bangun teqak perilaku rnelanqkah, kedua lengan memegang bola di atas kepala, pandangan ke depan atas (arah tembakan)
D. bangun teqak perilaku melangkah, kedua lengan memegang bola cli de pan badan, pandangan ke bawah (konsentrasi)

10. Lepasnya bola dari tangan pada dikala lay-up shoot dalam bola basket ialah pada dikala ....
A. melangkahkan kaki yang pertama
B. melaksanakan lompatan
C. mencapai titik tertinggi lompatan
D. tubuh berqerak turun sesudah melompat

11. Posisi awal kodua kaki yang benar dikala perslapan untuk melaksanakan prinsip dasar melambung (pitcher)pada permainan softball ialah ....
A. melangkah ditekuk
B. melangkah direndahkan
C. disilangkan dan diluruskan
D. melanqkah diluruskan

12. Posisi awal kaki yang benar dikala akan melaksanakan servis panjanq forehand pada permainan bulutangkis ialah ....
A. melangkuh ke samping
B. melanqkah silang
C. melangkah depan belakanq
D. kedua kaki sejajar

13. Posisi bola (shuttlecock) kontak dengan raket dikala melaksanakan servis panjang forehand pada permainan bulutanqkis ialah ....
A pada ketinggian kepala
B. pada kettnqqian dada
C. pada ketinggian pinggang
D. pada ketinggian lutut

14. Posisi bangun yang benar dikala melaksanakan pengembalian servis panjang pada permalnan bulutangkis adalah

A. 5 - 6 crn di belakang garis servls
B. 5 - 6 cm di depan garis servis
C. 5 - 6 cm di samping garis servis
D. 5 - 6 cm di depan garis lapangan

15. Perkenaan bet pada bc!a yang benar dikala melaksanakan pukulan servis forehand topspin pada permainan tenis meja ialah .. ..
A. cuilan samping bola
B. cuilan bawah bola
C. cuilan atas bola
D. cuilan bawah bola

17. Gerak awalan yang benar untuk melaksanakan lompat jauh ialah ....
A. dilakukan selambat-lambatnya
B. dilakukan tidak terlalu cepat
C. dilakukan secepat-cepatnya
D. dilakukan tidak terlalu lambat

18. Gerakan yang benar dikala kaki tumpu akan menginiak papan tumpuan lompat jauh ialah ....
A merubah langkah dan tidak merubah kecepatan lari
B. merubah kecepatan iari dan tidak merubah langkah I
C. merubah langkah dan kecepatan lari
D. tidak merubah langkah dan kecepatan lari

19. Cara memegang peluru yang benar sebelum melaksanakan awalan tolak peluru aoalah ....
A diletakkan pada jari-jari tangan
B diletakkan pada telapak tangan
C. diletakkan pada punggun tangan
D dlletakkan pada pergelangan tangan

20. Posisi tubuh yang benar dikala persiapan untuk tolak peluru gaya membelakangi ialah ...
A. membelakangi arah tolakan
B. menghadap arah tolakan
C. menyamping arah tolakan .
D. memutar arahtolakan

21. Aktivltas tangkisan luar dengan satu tangan dalam pencak sliat dipakai apabila arah pukulan tiba dari

A. depan lurus sejajar dada
B. depan atas setinggi kepala
C. depan bawah
D. samping atas setinggi kepala

22. Aktivitas tangkisan atas dengan satu tangan dalam pencak silat dipakai apablla arah pukulan tiba dari

A. Depan lurus sejajar dada
B. depan atas setinggi kepala
C. depan bawah
D. samplng bantalan setinggi kepala

24. Dalam melaksanakan bentuk latihan kekuatan, sanggup dilakukan tiga prinsip dasar, di antaranya ialah gerak (move) yaitu rangkaian gerak dinamis yang dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertsntu.
Contohnya ialah ....
A. angkat barbel, push up, back up, sit up
B. circuit training, weight training
C. mengulur otot, meregang parsendian
D. jogging, senam aerobik, bersepeda, berenang

25. Bentuk latihan untuk melatih kekuatan clan daya tahan otot kaki ialah ....
A. naik turun bangku
B. mengangkat tubuh pada palang tunggal
C. meluruskan kedua kaki ke depan
D. mengangkat kedua kaki dari poslsi duduk

26. Berlari melompat dengan memasukkan satu kaki ke dalam ban kendaraan beroda empat yang dipasang zig-zag ialah salah satu bentuk latihan ....
A. kekuatan
B. kelincahan
C. keseimbangan
0. ketepatan

27. Posisl tubuh yang benar dikala akan melaksanakan gerakan meroda ialah ....

A. menghadap arah gerakan
B. mambelakangi arah gerakan
C. menyamping arah gerakan
D. menyilang arah gerakan

28. Posisi awal kedua lengan yang benar dikala akan melaksanakan gerakan meroda ialah ....
A. lurus ke depan sejajar dada
B. lurus sarong ke atas di samping telinga
C. lurus ke bawah di samping badan
D. lurus ke samping sejajar bahu

29. Prinsip dasar gerakan lengan yang benar dikala mendarat pada matras dikala melskukan gerakan meroda ialah .
A. mendarat satu persatu posisi lengan lurus ke depan dada
B. mondarat satu persatu posisi lengan lurus ke samping badan
C. mendarat satu pcrsatu posisi lengan lurus serong ke atas
D. mendarat bantu-membantu posisi lengan lurus di samping tubuh

30. Gerak lecutan kaki yang benar dikala melaksanakan guling lenting ialah ....

A. dikala dahi manempel matras
B. dikala punggung menempel
C. dikala tengkuk melekat matras
D. dikala tangan melekat matras

31. Posisi awal lengan yang benar dikala akan melaksanakan langkah kaki biasa dalam acara gerak irama adalah

A. Menyilang badan
B. di belakang tubuh
C. di depan badan
D. di samping badan

33. Bentuk gerakan tangan renang gaya dada yang benar dikala melaksanakan gerakan di bawah alr ialah .....
A. memukul dan menekan
B. mengayun dan monekan
C. memutar dan menekan
D. meraih dan memutar

34. Posisi kedua lengan yang benar dikala kedua kaki melaksanakan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adaiah .....
A lurus dan terbuka ke samping
B. rapat dan lurus ke depan
C. rapat ditekuk ke bawah
D. lurus dan terbuka ke atas

35. Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada dilakukan pada dikala .....
A kedua tangan lurus dan rapat ke depan
B. kedua kaki melaksanakan dorongan ke depan
C, kedua kakl ditarik mendekati pinggul
D. kedua tangan melaksanakan setengah putaran

36. Salah satu alasan pendidikan seks sangat penting untuk diajarkan para cukup umur adelah ....

A. untuk memelihara tegaknya nilai-nilai moral
B. untuk memelihara ketenteraman keluarga
C. untuk memelihara tegaknhya nilai-nilai keadilan
D. untuk memelihara tegaknya nllal-nllai kekeluargaan

37. Saiah satu cara menghindari seks bebas secara preventif ialah .....
A. hindari dari pergaulan sosial
B. menjauhi dari daerah hiburan
G. menghindari dari pergaulan bebas
D. menghindari bergaul dengan lawan jenis

38. Salah satu manfaat jangka pendek melaksanakan acara fisik ialah ....
A gula darah penderita diabetes melitus sanggup terkendali
B. denyut jantung menjadi lebih cepat
C. tekanan darah meningkat
D. berat tubuh bertambah

40. Frekeunsi berolahraga yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam satu ahad adalah

A. Lebih dari 10 kali
B. 8-9 kali seminggu
C. 6-7 kali seminggu
D. 3-5 kali seminggu

II. ISIAN SINGKAT

41. Dalam sepak bola kalau klta menahan bola dengan punggung kaki kiri maka berat tubuh kila tertumpu pada kaki ....

42. Dalam bola voli modern, serangan pertama untuk mengawali permainan adalah

43. Pada dikala lay-up shoot bola berhasil masuk ka ring basket, maka tim tersebut memperoleh nilai ....

44. Gaya yang dipergunakan pada dikala melaksanakan lompat jauh akan terlihat ketika atlet melaksanakan teknik ....

45. Sampai dikala ini dalam tolak peluru dikenal ada 2 gaya yaitu ... dan ....

46. Bermain lompat tali merupakan bentuk lalihan untuk melatih ..

47. Bentuk latihan yang dipakai untuk melatih kekuatan otot punggung ialah ...

48. Gerakan melecutkan kedua kaki ke depan atas sesudah tengkuk melekat matras dengan sumber gerakan dari pinggang ialah gerakan ..

49. Penyebab penyakit AIDS ialah ..

50. Olahraga yang paling cocok bagi orang yang tubuhnya gemuk (obesitas ) ialah ....

Ill. URAiAN

51. Jelaskan posisi awal dikala akan melaksanakan teknik menyundul bola dalam sepak bola!

52. Jelaskan perilaku awal/perslapan melaksanakan smash dalam permalnan bola voli!

53. Sebutkan ccntoh benluk latihan circuit ttainning yang dibagi menjadi 5 (lima) pus latihan dan berilah keterangan singkat!

54. Jelaskan cara melaksanakan gerakan merodal

55. Sebutkan (minimal 5 macam) penyakit akhir kekurangan acara gerak!



Berikut ialah petunjuk penilaian mapel PJOK SMP-MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017:

E. Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK/Penjasorkes) SMP-MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan infor masi untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui banyak sekali teknik penilaian, memakai banyak sekali instrumen, dan bersal dari banyak sekali sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh lantaran itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyakbanyaknya dengan banyak sekali upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memperlihatkan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.
Pengumpulan informasi pencapaian hasil berguru penerima di dik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta mekanisme analisis sesuai dengan karakteristiknya. Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum berbasis kompetensi (KD) yakni kompetensi minimal yang harus dicapai oleh penerima didik., pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai pola penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus menentukan kriteria untuk memutuskan seorang penerima didik sudah mencapai KKM atau belum.

1. Pendekatan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK/Penjasorkes) SMP-MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Pemanfaatan penilaian bukan sekadar mengetahui pencapaian hasil belajar, justru yang lebih penting ialah bagaimana penilaian bisa meningkatkan kemampuan penerima didik dalam proses belajar. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu:

a. Assessment of learning, merupakan penilaian yang dilaksanakan sesudah proses pembelajaran selesai. Setiap pendidik melaksanakan penilaian yang dimaksudkan untuk mem berikan ratifikasi terhadap pencapaian hasil berguru sesudah proses pembelajaran selesai, berarti pendidik tersebut melaksanakan assessment of learning. Ujian Nasional, ujian sekolah/madrasah, dan banyak sekali bentuk penilaian sumatif merupakan assessment of learning (penilaian hasil belajar).

b. Assessment for learning, merupakan penilaian yang dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung dan biasanya dipakai sebagai dasar untuk melaksanakan perbaikan proses berguru mengajar dan sanggup dipakai untuk memantau kemajuan berguru penerima didik

c. Dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran). mempunyai fungsi yang menyerupai dengan assessment for learning, yaitu berfungsi sebagai formatif dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Perbedaannya, assessment as learning melibatkan penerima didik secara aktif dalam kegiatan penilaian (self assessment) dan penilaian antar sahabat merupakan contoh assessment as learning. Dalam assessment as learning penerima didik juga sanggup dilibatkan dalam merumuskan mekanisme penilaian, kriteria, maupun rubrik/pedoman penilaian sehingga mereka mengetahui dengan niscaya apa yang harus dilakukan semoga memperoleh capaian berguru yang maksimal

d. Penilaian pencapaian hasil berguru seharusnya lebih mengutamakan assessment as learning dan assessment for learning dibandingkan assessment of learning, sebagaimana ditunjukkan gambar di bawah ini

2. Prinsip Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK/Penjasorkes) SMP-MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Penilaian harus memperlihatkan hasil yang sanggup diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan memakai hasil penilaian tersebut. Hasil penilaian akan akurat bila instrumen yang dipakai untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan objektivitas penilai sanggup dipertanggungjawab kan. Untuk itu perlu dirumuskan prinsipprinsip penilaian yang sanggup menjaga semoga orientasi penilaian tetap pada framework atau rel yang telah ditetapkan, sebagai berikut.
a. Sahih
Agar penilaian sahih (valid) harus dilakukan berdasar pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Untuk memperoleh data yang sanggup mencerminkan kemampuan yang diukur harus dipakai instrumen yang sahih juga, yaitu instrumen yang mengukur apa yang seharusnya diukur.
b. Objektif
Penilaian tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai. Karena itu perlu dirumuskan pedoman penilaian (rubrik) sehingga sanggup menyamakan persepsi penilai dan meminimalisir subjektivitas. Apalagi penilaian kinerja yang mempunyai cakupan, otentisitas, dan kriteria penilaian sangat kompleks. Untuk penilai lebih dari satu perlu dilihat reliabilitas atau konsistensi antar penilai (interrater reliability) untuk menjamin objektivitas setiap penilai.
c. Adil
Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan penerima didik lantaran perbe daan latar belakang agama, suku, budaya, budbahasa istiadat, status sosial ekonomi, gender, dan halhal lain. Perbedaan hasil penilaian sematamata harus disebabkan oleh berbedanya capaian berguru penerima didik pada kompetensi yang dinilai.
d. Terpadu
Penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. Penilaian merupakan proses untuk mengetahui apakah suatu kompetensi telah tercapai? Kompetensi tersebut dicapai melalui serangkaian acara pembelajaran. Karena itu penilaian dihentikan terlepas apalagi melenceng dari pembelajaran. Penilaian harus mengacu pada proses pembelajaran yang dilakukan.
e. Terbuka
Prosedur penilaian dan kriteria penilaian harus terbuka, jelas, dan sanggup dike tahui oleh siapapun. Dalam masa keterbukaan menyerupai sekarang, pihak yang dini lai dan pengguna hasil penilaian berhak tahu proses dan pola yang dipakai dalam penilaian, sehingga hasil penilaian sanggup diterima oleh siapa pun.
f. Menyeluruh dan Berkesinambungan
Penilaian oleh pendidik meliputi semua aspek kompetensi dengan menggu nakan banyak sekali teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan penerima didik atau penerima didik. Instrumen penilaian yang di gunakan, secara konstruk harus merepresentasikan aspek yang dinilai secara utuh. Penilaian dilakukan dengan banyak sekali teknik dan instrumen, diselengga rakan sepanjang proses pembelajaran, dan memakai pendekatan assess ment as learning, for learning, dan of learning secara proporsional.
g. Sistematis
Penilaian dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkahlangkah baku. Penilaian sebaiknya diawali dengan pemetaan. Dilakukan identifkasi dan analisis KD (kompetensi dasar), dan indikator ketercapaian KD. Berdasarkan Kasil identifikasidan analisis tersebut dipetakan teknik penilaian, bentuk instrumen, dan waktu penilaian yang sesuai.
h. Beracuan kriteria
Penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi memakai pola kriteria. Artinya untuk menyatakan seorang penerima didik telah kompeten atau belum bukan dibandingkan terhadap capaian temanteman atau kelompoknya, melainkan dibandingkan terhadap kriteria minimal yang ditetapkan. Peserta yang sudah mencapai kriteria minimal disebut tuntas, sanggup melanjutkan pembelajaran untuk mencampai kompetensi berikutnya, sedangkan penerima didik yang belum mencapai kriteria minimal wajib menempuh remedial.
i. Akuntabel
Penilaian sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Akuntabilitas penilaian sanggup dipenuhi bila penilaian dilakukan secara sahih, objektif, adil, dan terbuka, sebagaimana telah diuraikan di atas. Bahkan perlu dipikirkan konsep meaningfull assessment. Selain diper tanggung jawab kan teknik, prosedur, dan hasilnya, penilaian juga harus diper tanggungjawabkan kebermaknaan nya bagi penerima didik dan proses belajarnya.

3. Teknik Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK/Penjasorkes) SMP-MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Penilaian pengetahuan dilakukan dengan banyak sekali teknik. Pendidik sanggup menentukan teknik penilaian yang paling sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, indikator, atau tujuan pembelajaran yang akan dinilai. Segala sesuatu yang akan dilakukan dalam proses penilaian perlu ditetapkan terlebih dahulu pada dikala menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang biasa dipakai ialah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan.

a. Tes Tertulis
Tes tertulis ialah tes yang soal dan tanggapan disajikan secara tertulis berupa pilihan ganda, isian, benarsalah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkahlangkah berikut.
Memeriksa kompetensi dasar dan indikatornya KD dan indikator biasanya sudah dicantumkan dalam RPP. Indikator un tuk KD tertentu sebaiknya ditingkatkan, dalam arti memutuskan kata kerja operasional yang lebih tinggi daripada yang dirumuskan dalam KD. Misalnya kalau kata kerja operasional KD sebatas memahami, maka pendidik sanggup memutuskan indikator hingga menganalisis atau mengevaluasi. Tentu saja tidak semua KD sanggup dan perlu ditingkatkan. 2) Menetapkan tujuan penilaian Menetapkan tujuan penilaian apakah untuk keperluan mengetahui ca paian pembelajaran ataukah untuk memperbaiki proses pembelajaran, atau untuk keduaduanya. Tujuan ulangan harian berbeda dengan tujuan ulangan tengah semester (PTS), dan tujuan untuk ulangan selesai semester (PAS). Sementara ulangan harian biasanya diselenggarakan untuk menge tahui capaian pembelajaran atau untuk
memperbaiki proses pembelajaran (formatif), Perguruan Tinggi Swasta dan PAS umumnya untuk mengetahui capaian pembelajaran (sumatif). 3) Menyusun kisikisi Kisi- kisi merupakan spesifkasi yang memuat kriteria soal yang akan di tulis yang meliputi antara lain KD yang akan diukur, materi, indikator soal, bentuk soal, dan jumlah soal. Kisikisi disusun untuk memastikan butir butir soal mewakili apa yang seharusnya diukur secara proporsional. Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dengan keca kapan berfkir tingkat rendah hingga tinggi akan terwakili secara memadai. Menulis soal menurut kisikisi dan kaidah penulisan soal 5) Menyusun pedoman penskoran Untuk soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan tanggapan singkat dise diakan kunci jawaban. Untuk soal uraian disediakan kunci/model tanggapan dan rubrik

b. Tes Lisan
Tes ekspresi merupakan pertanyaanpertanyaan yang diberikan pendidik secara ekspresi dan penerima didik merespon pertanyaan tersebut secara ekspresi pada dikala proses pembelajaran berlangsung. Selain bertujuan mengecek penguasaan pe ngetahuan penerima didik (assessment of learning), tes ekspresi terutama dipakai untuk perbaikan pembelajaran (asessment for learning). Tes ekspresi juga sanggup menumbuhkan perilaku berani berpendapat, percaya diri, dan kemampuan ber komunikasi secara efektif. Tes ekspresi juga sanggup dipakai untuk melihat ke tertarikan penerima didik terhadap bahan yang diajarkan dan motivasi penerima didik dalam berguru (assessment as learning).

c. Penugasan
Penugasan ialah tunjangan kiprah kepada penerima didik untuk mengukur dan/ atau memfasilitasi penerima didik memperoleh atau meningkatkan pengetahu an. Penugasan untuk mengukur pengetahuan sanggup dilakukan sesudah proses pembelajaran (assessment of learning). Sedangkan penugasan untuk mening katkan pengetahuan diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning).

F. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK/Penjasorkes) SMP-MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM ialah kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, mempertimbangkan karakteristik penerima didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. Dalam memutuskan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara Kepala Sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. Kriteria Ketuntasan Miniml (KKM) dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek: karakteristik penerima didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.



Demikian goresan pena perihal

Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Contoh Soal Siap Uas/Pas/Ukk Semester 2 Smp-Mts Kelas 8 Pjok K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel