Menteri Pan-Rb: Bkd Wajib Pikirkan Jenjang Karir Pns

 BKD Juga Harus Pikirkan Jenjang Karir ASN dan Pegawai Negeri Sipil  Menteri PAN-RB: BKD Wajib Pikirkan Jenjang Karir PNS

Selain Terima Usulan, BKD Juga Harus Pikirkan Jenjang Karir ASN dan Pegawai Negeri Sipil (PNS)






Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur kembali menegaskan perihal tugas vital BKD (Badan Kepegawaian Daerah) dalam mengawal jenjang karier pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah. Hal tersebut menjadi sangat penting alasannya yaitu kualitas SDM yang baik harus dibarengi dengan sistem karier yang baik pula.

Pernyataan Asman dipaparkan dikala membuka Rapat Koordinasi Kebijakan Standardisasi Jabatan Pengembangan Karier SDM Aparatur Tahun 2018 di Makassar, Kamis (03/05). “BKD jangan cuma menampung usulan, tapi harus menganalisis beban kerja, melaksanakan pengadaan pegawai sesuai arah pembangunan, dan mengurus jenjang karier pegawai (PNS-red),” tuturnya.

“Cara kerja ASN dilarang kalah dengan korporasi. Outcome menjadi ukuran kinerja PNS,” tambahnya lagi.

: Tata Cara Cuti Bagi PNS Berdasarkan Peraturan BKN Nomor 24 Tahun 2017


Asman menjelaskan secara gamblang bahwa BKD dan jajarannya wajib mempunyai kesepakatan yang berpengaruh untuk membangun sistem karier dalam jabatan, sesuai dengan amanat Undang-Undang No.5/2014 perihal ASN. Karier PNS berbasis pada sistem merit yang lebih terbuka, adil, transparan dengan kualifikasi, kompetensi, kinerja serta integritas, dan moralitas yang baik. Sistem karier sebagai aparatur sipil negara yaitu jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrasi, dan jabatan fungsional.

Menjadi hal yang sangat diperhatikan alasannya yaitu ASN berkualitas merupakan kunci keberhasilan pembangunan nasional. Pak Menteri kembali menegaskan bahwa PNS mempunyai tugas vital dan strategis dalam perjuangan memajukan bangsa. “Ciptakan penemuan baru. Jangan berputar pada rutinitas,” pinta Asman.

Peran penyelenggara negara sangat vital, alasannya yaitu itu ASN wajib mempunyai jiwa hospitality dan entrepreneurship. ASN pantang mengedepankan kekuasaan tetapi harus melayani masyarakat. Di sisi lain, ASN juga harus sanggup mengukur seberapa besar manfaat yang diperoleh menurut anggaran yang didapatkan.

Guna menghadapi Revolusi Industri 4.0, pemerintah wajib sanggup menerapkan e-government alasannya yaitu tantangan industri akan lebih ketat dan serba berbasis digital untuk ke depannya. Tantangan ini harus ditanggapi secara cepat dan akurat oleh seluruh stake holder sehingga sanggup meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan dunia yang makin ganas.

Ditambahkan lagi oleh Deputi SDM Aparatur Kementrian PANRB Setiawan Wangsaatmadja, Rapat Koordinasi Kebijakan Standardisasi Jabatan Pengembangan Karier SDM Aparatur ini diselenggarakan dalam rangka implementasi PP No. 11/2017 perihal Manajemen PNS terkait standardisasi jabatan fungsional, jabatan pelaksana, teladan karier, dan sistem merit. Rakor yang berlangsung 2 hari itu diikuti 370 penerima yang terdiri dari Sekretaris Daerah dan pejabat direktur di lingkungan BKD Provinsi dan Kab/Kota di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT, dan Jawa Tengah.

Sekian goresan pena yang berjudul:

Menteri PAN-RB: BKD Wajib Pikirkan Jenjang Karir PNS

Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Menteri Pan-Rb: Bkd Wajib Pikirkan Jenjang Karir Pns"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel