Soal-Jawab Siap Pts I Kelas 1 Sd/ Mi Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017
Download Contoh Soal dan Kunci Jawab PTS/UTS 1 (Ganjil) Kelas 1 SD/MI Tema 1: Diriku Subtema 1: Aku dan Teman Baru Kurikulum 2013/K13 Revisi 2017 I Pdf
Judul goresan pena kali ini ialah Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017. Contoh soal yang kami bagikan ini berjumlah 20 soal dan disertai dengan kunci jawaban untuk lebih memudahkan adik-adik dalam belajar. Persiapan yang baik tentu harus ditempuh supaya mendapat hasil mencar ilmu yang baik pula.
Contoh soal-kunci jawab PTS/UTS semester 1/ganjil tema 1 subtema 1 ini mengacu pada kurikulum terbaru yakni K13 revisi 2017.
Contoh soal ini kami hadirkan semata untuk membantu akseptor didik khususnya kelas 1 SD/MI dalam mempersiapkan diri jelang berlangsungnya penilaian tengah semester 1/PTS ganjil pada tahun anutan kali ini.
Contoh soal ini kami susun dengan sebaik mungkin sesuai dengan buku pegangan guru untuk tema 1 subtema 1 K13 edisi revisi 2017, sehingga ia bisa dipergunakan sebagai pemanis bagi guru dalam penyusunan naskah soal PTS/UTS ganjil bagi akseptor didik di sekolah yang Anda ampu. Semoga ia bermanfaat dalam membantu akseptor didik dalam mencar ilmu dan bisa memberi imbas positif berupa hasil mencar ilmu yang memuaskan.
Berikut kami sajikan link untuk mengunduh contoh Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017 di bawah ini:
Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 2 K-13 Revisi 2017
Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017 tersebut:
SOAL LATIHAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER/PTS 1 (PENGETAHUAN)
KELAS : 1
TEMA : 1 (Diriku)
SUBTEMA : 1 (Aku dan Teman Baru)
Nama Siswa :
A. Soal 1
3. Sebutkan 5 nama lengkap teman di kelasmu!
4. Sebelum berangkat ke sekolah, kau harus ..... pada orangtuamu.
5. Ayo tuliskan 6 huruf huruf pertama secara berurutan!
6. Rangkailah huruf berikut ini semoga menjadi sebuah nama : i – d – b – u
7. Tuliskan yang termasuk huruf vokal !
8. Urutkanlah bilangan berikut berdasarkan urutan terbesar : 1 5 2 4 3
B. Soal II
1. Apa huruf depan dari nama “Hartini” ?
2. Hal apa yang kau sukai dari salah satu teman barumu?
3. Namaku FREDI. Ada berapa huruf dan apa saja huruf nya...?
6. Tadi pagi dikala hendak ke sekolah, kalian memberi salam dan berpamitan dengan orang tua. Ketika nanti pulang, apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum masuk ke dalam rumah?. Mengapa hal itu harus dilakukan?
7. Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru dikala akan pulang. Tuliskan cara kau berpamitan pada guru sebelum pulang!
8. Beni dan Doni bermain di halam sekolah, kemudian tiba 3 teman yang lain untuk bermain
bersama. Sekarang ada berapa jumlah anak yang bermain di halaman sekolah?
Kunci Jawaban
A. Soal 1
1. Laki-laki berjumlah 3 anak dan wanita berjumlah 1 anak
2. 3
3. (Nama teman di kelas kalian)
4. Berpamitan
5. A b c d e f g
6. budi
7. a i u e o
B. Soal II
1. Huruf “H”
2. Baik, ramah, tidak nakal, suka berbagi, dan lain-lain
3. Ada 5, yaitu f– r – e - d – i
4. A b c d e f g
5. 2 3 4 5 6
6. Mengetuk pintu, mengucapkan salam pada orangtua dan mengucap syukur kepada Tuhan alasannya ialah sudah hingga rumah dengan keadaan selamat
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.
Demikian goresan pena tentang
Soal-Jawab Siap Perguruan Tinggi Swasta I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!Tentang Buku Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I:
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan
pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.
1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema
yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan
indikator dari banyak sekali mata pelajaran.
2. Ruang lingkup pembelajaran yang menawarkan citra wacana kegiatan
dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
4. Media dan alat pembelajaran yang akan dipakai pada setiap kegiatan
pembelajaran.
5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari
Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk
menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
6. Pengalaman mencar ilmu yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku
positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat
tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi
reflektif.
7. Berbagai teknik penilaian siswa.
8. Informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan.
9. Petunjuk penggunaan Buku Siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan
kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas
yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti
membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan,
demonstrasi, dan pemecahan masalah.
2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisasi
informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan
dikerjakan).
3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya semoga siswa bisa
mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
4. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
5. Memberi kiprah yang sanggup mengembangkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi.
6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah
dipelajari.
7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Bagaimana Menggunakan Buku Guru?
Buku Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa
dan sebagai pola kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya
buku ini, disarankan memperhatikan petunjuk sebagai berikut.
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap kompetensi dasar dan indikator yang dikaitkan dengan
tema.
3. Upayakan untuk meliputi kompetensi pada sikap spiritual dan sikap
sosial dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan
penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan
sikap positif.
4. Dukunglah ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan
kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan Buku Siswa
sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan menawarkan pengantar
sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi bila dilengkapi dengan kegiatan
pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu
siswa. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang,
menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar dan sebagainya. Demikian juga
pada dikala menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap
perpindahan subtema dan tema menjadi faktor yang sangat penting untuk
memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu
yang diuraikan dalam buku ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Termasuk
di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi
kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati
flora di luar kelas pada dikala hujan).
8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya
bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar,
dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan
siswa secara langsung, diharapkan juga sanggup melibatkan warga sekolah
dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut.
a. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10. Gunakanlah media atau sumber mencar ilmu alternatif yang tersedia di lingkungan
sekolah.
11. Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema.
Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran
dialokasikan untuk 1 hari.
12. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun
demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk
umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan
situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian sanggup berfungsi
sebagai portofolio siswa.
14. Buatlah catatan refleksi sesudah satu subtema selesai, sebagai materi untuk
melaksanakan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya
faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik,
kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan
lebih lanjut.
15. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas
dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang
kecerdasan majemuk, gaya mencar ilmu siswa, serta bermacam-macam faktor penyebab
efektivitas dan kesulitan mencar ilmu siswa, sangat dibutuhkan.
16. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan janji guru untuk
mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap final pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom
untuk orang bau tanah dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini
berisi informasi wacana kegiatan mencar ilmu yang sanggup dilakukan siswa bersama
orang bau tanah di rumah. Orang bau tanah diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam
kegiatan mencar ilmu siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua
sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua
dan siswa di rumah.
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di
lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis
kegiatan disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013
yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi
siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai
salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru
tidak diharapkan memakai buku ini sebagai satu-satunya buku panduan
yang menjadi pola dalam proses mencar ilmu mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru
hanyalah contoh kegiatan pembelajaran yang sanggup dilakukan di kelas. Guru
mempunyai keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang
sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka
dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep
penilaian dan pelaporan yang tidak sanggup diurai secara detil dalam buku ini.
Guna memperkaya wawasan dan keterampilan akseptor didik, dibutuhkan
kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan
buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut
didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun akseptor didik
juga sanggup memanfaatkan bahan-bahan mencar ilmu lain yang relevan, termasuk
ensiklopedia, banyak sekali buku yang membahas topik terkait pembelajaran,
majalah, surat kabar, dan sebagainya.
Buku ini dibentuk dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah
disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses
review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapat catatan serta saran-saran
perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah
pengawasan Kemendikbud.
Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas isyarat dari Kemendikbud,
kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk
PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melaksanakan proses
pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial akseptor didik.
Penulis menyadari betul bahwa buku ini belum sempurna. Pada kenyataan-
nya, buku ini merupakan draft pertama, dan masih akan disusul dengan draft
kedua, sebelum balasannya dianggap tepat pada draft ketiga atau final.
Untuk mencapai hal tersebut, sesuai planning Kemendikbud, dibutuhkan waktu
selama 3 (tiga) tahun.
Oleh alasannya ialah itu, penulis sangat mengharapkan masukan untuk perbaikan
mengarah pada kesempurnaan. Kritik dan saran-saran produktif dari pembaca
dan pengguna sangat kami nantikan untuk perbaikan di masa yang akan
datang.
0 Response to "Soal-Jawab Siap Pts I Kelas 1 Sd/ Mi Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017"
Posting Komentar