Soal Siap Uas/Pas/Ukk 2 Sma-Ma/Smk-Mak Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib

Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib






Ulangan atau evaluasi simpulan semester 2/II atau yang disebut juga dengan ulangan kenaikan kelas (UKK) merupakan salah satu faktor penentu signifikan bagi akseptor didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Bagi akseptor didik kelas XI MA-MA/SMK-MAK yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi UAS/PAS/UKK semester 2/II ini, maka mempersiapkannya dengan seksama yaitu cara yang terbaik untuk memperoleh hasil berguru yang optimal.

Karakteristik Soal

Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib atau umum ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Menggunakan kurikulum 2013 revisi.
2. Menggunakan contoh soal dengan rujukan dari soal yang pernah diujikan.

Penggunaan contoh soal dari soal yang pernah diujikan pertanda bahwa referensi soal tersebut mempunyai kesahihan atau validitas yang baik. Dengan validitas tersebut, maka diperlukan bahwa contoh soal yang disajikan juga mempunyai prediktibilitas atau daya ramal yang baik. Namun demikian, tidak ada jaminan bahwa referensi soal yang disajikan ini akan menjadi sama persis dengan yang akan diujikan nantinya. Ingat, referensi soal yaitu rujukan belajar, bukan bocoran.

Penggunaan Contoh Soal

Penggunaan Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib ini hendaknya mengacu pada hal sebagai berikut:

1. Contoh soal disajikan dengan gratis. Pengguna tidak boleh membuatkan referensi soal untuk kepentingan komersial atau disalin ke website yang lain.

2. Jawaban atas referensi soal untuk kesempatan kali ini tidak diberikan dengan alasan kesibukan admin.

Tautan Download

Tautan download memakai tautan dari Google Drive. Berikut yaitu tautan download-nya:


Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib
Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Semester 2/II Kelas 11 Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Umum/Wajib tersebut:



Tsunami
Kata "Tsunami' berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan ('tsu') dan gelombang ("namfi). Tsunami yaitu rangkaian gelombang yang timbul akhir air yang ada di danau atau bahari secara cepat bergerak dalam skala yang besar.
Tsunami terjadi apabila dasar bahari mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal mengubah posisi air yang datar. Gerakan vertikal yang berasal dari patahan bumi sanggup terjadi pada lapisan bumi.
Gempa bumi yang terjadi di dasar taut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar bahari menimbulkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar kawasan patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelornbang besar yang membanjiri daratan. Gelombang ini dikala mengenai pemukiman insan akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang korban jiwa yang terjadi bukanlah lantaran disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi lantaran benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami. Selain dari pada itu, lumpur yang ikut diseret gelombang tsunami menimbulkan menusia kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
Adanya tsunami merupakan peringatan dari Tuhan. Kita harus segera tobat atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan. Kita wajib menjaga dan melestarikan alam. Terhadap korban tragedi tsunami, kita harus peduli dan ikut berpartisipasi membantu meringankan penderitaannya serta selalu berdoa semoga selalu diberi keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


1. Peryataan umum pada teks di atas terdapat pada paragraf ...
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kedua dan ketiqa

2. Berikut yang bukan potongan penjelas teks di atas yaitu ....
A. Tsunami terjadi ketika-dasar bahari mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal merubah posisi air yang datar .
B. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi sanggup terjadi pada lapisan bumi.
C. Gempa bumi yang terjadi di. dasar bahari sangat berpotensi menimbulkan tsunami.
D. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.
E. Adanya tsunami menciptakan kita tobat atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan.

3. Ide pokok paragraf ketiga teks eksplanasi tersebut yaitu ....
A. Lumpur ikut terseret gelombang tsunami.
B. Tsunami banyak menimbulkan korban jiwa.
C. Tsunami akan menyeret apa saja yang dilaluinya.
D. Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.
E. Gelombang besar yang rnembanjri daratan akan menimbulkan kerusakan.

4. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf keempat yaitu .. ..
A. Mengapa tsunami merupakan peringatan dari Tuhan tragedi tsunami?
B. Bagaimana cara kita menolong korban tragedi tsunami?
C. Apa yang harus kita lakukan terhadap korban tragedi tsunami?
D. Bagaimana cara kita menjaga kelestarian alam semoga tidak terjadi tsunami?
E. Mengapa kita harus segera bertobat atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan?

5. Perbaikan kalimat bercetak.miring (kalimat terakhir) pada paragraf ketiga yaitu ....
A. Selain itu, lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menimbulkan insan sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
B. Selain itu, lumpur yang ikut menyeret gelombang tsunami menimbulkan insan sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
C. Selain itu, lumpur yang ikut diseret gelombang tsunami menimbulkan manusla kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
 D. Selain dari pada itu, lumpur yang ikut diseret gelombang tsunami menimbulkan insan sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.
E. Selain dari pada itu, lumpur yang ikut menyeret gelombang tsunami menimbulkan insan kesulitan untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

6. Teks eksplanasi yaitu ....
A. Teks yanq berisi perihal pendapat.
B. Teks yang berisi perihal penjelasan.
C. Teks yang rnenceritakan suatu kejadian.
D. Teks yang menggambarkan suatu objek.
E. Teks yang berisi perihal cara mengerjakan

7. Bacaah paragraf berikut!

Ada banyak dampak positif dari sampah sebagaimana yang sudah dibahas di atas. Oleh lantaran itu, marilah kita jaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik semoga lebih memudahkan dalam mendaur ulangnya.
Teks tersebut merupakan struktur isi teks eksplanasi potongan ....
A. ajakan
B. simpulan
C. interpretasi
D. deret penjelas
E. pernyataan umum

8. Cermatilah   dua teks eksplanasi kompleks berikut!

Teks 1

Pada akhi rtahun 1980-an Doraemaon, figur robot kucing masa depan lucu dan menggemaskan, menjadi idola anak-anak. Bersama dengan sahabat insan berjulukan Nobita, Doraemon melaksanakan banyak kegiatan menakjubkan. la mempunyai kantong abnormal berisi  peralatan canggihdari era XXII. Tentu saja, itu semua hanya khayalan si pembuatnya.

Namun, popularitas Doraemon tidak kunjung padam. Serial kartunnya masih sering ditayangkan di televisi sampai hari ini. Masyarakat Indonesia mungkin bisa saja menyebutkan bermacam serial dari negeri Sakura yang menjadi favorit mereka. Oleh lantaran itu, tidak jarang mereka membuat
kostum tiruan yang mereka gunakan dalam acara-acara bertema Jepang.

Teks2

Langit malam biasanya hanya akan disinari cahaya bulan dan bintang. Namun, dalam perkara yang sangat jarang, langit malam juga bisa diterangi oleh awan bercahaya yang memantulkan cahaya matahari. Awan bercahaya terbentuk pada ketinggian 80-85 kilometer di atmosfer.
Cahaya awan itu sebetulnya cahaya matahari yang dipantulkan. Letak awan yang tinggi membuatnya bisa memantulkan cahaya, meskipun matahari telah tenggelam. Fenornena yang juga disebut awan polar mesosferik ini terjadi dikala suhu menuru sampai -1.300° Celsius. Kebanyakan fenomena ini terjadi di sebelah utara dan selatan bumi dengan wilayah di atas 500 lintang.
Kriteria kedua teks eksplanasi kornpleks di atas yaitu ....

Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 9 - 12!

Paguyuban merupakan kelompok masyarakat yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat kuat. Tanda-tandanya antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang rukun, bekerjasama simpatik, dan tak ada permusuhan.
Dalam suasana yang guyub ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana tenang dan tanpa pertengkaran. Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain semoga di dalam kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian. Kelompok yang rukun ditandai dengan semacam perjanjian dalam perasaan, perilaku atau tindakan setiap anggota untuk besar hati membangun kebersamaan sehingga yang terjadi yaitu hal- hal yang menyenangkan.

9. Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena ....
A. alam
B. sosial
C. budaya
D. ekonomi
E. pendidikan

10. Topik yang dibahas dalam kutipan teks tersebut yaitu proses terjadinya ....
A. paguyuban
B. rukun warga
C. rukun tetanqqa
D. kebersarnaan
E. persahabatan

11. Pada kalimat kedua paragraf pertama teks di atas terdapat konjungsi yang menyatakan korelasi ....
A. pemilihan dan penjumlahan
B. kontradiksi dan pemilihan
C. penyamaan dan penyebaban
D. pengakibatan dan penjumlahan
E. kontradiksi dan penjurnlahan

12. Arti kata harmoni pada teks di atas yaitu ....
A. kerukunan
B. keramahan
C. keselarasan
O. kekompakan
E. kebersamaan

13. Perhatikan kutipan teks berikut!

Gempa bumi yaitu getaran atau guncangan yang terjadi lantaran pergerakan lapisan watu bumi berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi .... Gempa bumi disebabkan pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan dahsyat gunung berapi. Getaran gempa bumi sanggup merambat ke segala arah sehingga menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
Kalimat sempurna untuk mengisi potongan rumpang pada paragraf di atas yaitu ....
A. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi kalau dibandingkan gempa tektonik.
B. Tempat ini dikenal dengan bulat api lantaran banyak gunung berapi.
C. Teori tersebut berisi klarifikasi bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan.
D. Peristiwa alam itu sering terjadi di kawasan yang berada akrab dengan gunung berapi dan kawasan yang dikelilingi lautan luas.
E. Berbagai insiden alam, khususnya letusan gunung berapi, sering menimbulkan korban tewas dan kerusakan parah infrastruktur.

14. Pernyataan berikut merupakan potongan argumen atau deretan penjelas, kecuali ....
A. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri masyarakat atau seseorang.
B. Adapun fenomena permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal.
C. Faktor internal yaitu faktor yang terjadi dalam diri masyarakat itu sendiri, yaitu kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat atau seseorang dalam aspek kependidikan.
D. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan di Indonesia sulit maju. Selama ini kesan berpengaruh bahwa pendidikan berkualitas bermodal dan memakan biaya sangat besar.
E. Faktor yang menjadi kendala secara eksternal antara lain kurangnya pemerataan pendidikan di Indonesia, rendahnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan, rendahnya kesejahteraan guru serta rendahnya prestasi siswa.

15. Bacalah paragraf berikut!

Secara ilmiah, fatamorgana digolongkan dalam fenomena unik. Fatamorgana terbentuk dari proses alamiah yang membentuk suatu keindahan alam. Sebagian masyarakat tidak memahami proses insiden fatamorgana tersebut. Masyarakat beranggapan bahwa fatamorgana disebabkan kelelahan mata. Padahal, tanpa kelelahan mata pun, seseorang sanggup melihat fatamorgana. Bahkan, fenomena tersebut sanggup difoto secara pribadi dengan kamera.
Simpulan sempurna kutipan teks tersebut yaitu ....
A. Fatamorgana terjadi secara alamiah, bukan lantaran kelelahan mata.
B. Fatamorgana terjadi akhir kelelahan mata dialami seseoranq.
c. Sebagian masyarakat tidak mengetahui proses insiden fatamorgana.
D. Fenomena alam fatamorgana sanggup difoto memakai kamera.
E. Fatamorgana merupakan suatu keindahan alam yang terbentuk melalui proses ilmiah.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.

Demikian goresan pena tentang

Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib

Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Soal Siap Uas/Pas/Ukk 2 Sma-Ma/Smk-Mak Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel